Monday, August 24, 2009

Wah...Timor Leste Ingin Berguru ke TNI AL

Anggota AL Timor Leste berlatih menembak dengan senapan M14 diatas geladak kapal perusak kawal rudal kelas Arleigh Burke USS Lassen (DDG 82), Rabu (28/1). Latihan diadakan saat Lassen berkunjung ke Dili. (Foto: US Navy/ Mass Communication Specialist 2nd Class Brock A. Taylor)

23 Agustus 2009, Jakarta -- Sejak era Presiden Soekarno, reputasi TNI Angkatan Laut telah dikenal oleh dunia. Tak heran TNI AL ketika itu menjadi salah satu angkatan laut yang cukup disegani oleh negara lain.

Kegagahan dan ketangguhan TNI AL ternyata hingga kini masih dilirik oleh negara-negara lain. Hal ini terbukti dari keinginan Angkatan Laut Negara Timor Leste yang ingin berguru kepada TNI AL, baik dari tingkat pendidikan taruna hingga tingkat sesko.

Hal ini diakui Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Tedjo Edhy Purdijatno. Menurut Tedjo, keinginan belajar dari TNI AL diungkapkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Timor Leste saat penyelenggaraan Sail Bunaken di Manado, Sulawesi Utara.

"Waktu saya ketemu dengan Kasal Timor Leste dia mengatakan Timor Leste akan berguru kepada kita dari tingkat pendidikan taruna sampai sesko. Mereka juga ingin belajar kapal-kapal patroli dan latihan perang bersama, tapi kalau kapal perang belum lah. Mereka katakan ingin sekali berguru kepada kita," ujar Kasal dalam jumpa pers di rumah kediamannya di Jakarta, Minggu (23/8).

Meski merasa tersanjung, namun Kasal mengatakan, jika Angkatan Laut Timor Leste menginginkan hal itu, maka harus ada sebuah nota kesepahaman (MoU) yang dibuat antara kedua negara. Karena menyangkut dua negara yang berbeda.

"Angkatan laut mereka (Timor Leste) baru dan Kasalnya saja pangkatnya baru Letkol, tapi sekali lagi saya bilang kita perlu payung hukum dan waktu itu dia bilang nanti mereka pulang akan sampaikan ke Menhan mereka," katanya.

Seperti diketahui, Timor Leste merupakan salah satu bekas provinsi di Indonesia yang melepaskan diri menjadi negara sendiri pada saat pemerintahan BJ Habibie. Ketika masih menjadi bagian Indonesia, Timor Leste bernama Timor Timur, yang kemudian berubah menjadi Timor Leste setelah menjadi negara sendiri.

KOMPAS

No comments:

Post a Comment