Friday, August 28, 2009

Mayor Wira Gantoro Jadi Danyon Marhanlan VII-Kupang


27 Agustus 2009, Surabaya -- Mayor Marinir R. Wira Gantoro HK dilantik menjadi Komandan Batalyon (Danyon) Marinir Pertahanan Pangkalan (Marhanlan) VII-Kupang yang baru di Karangpilang, Surabaya, Kamis.

Dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) yang dipimpin Komandan Pasmar-1 (Danpasmar-1) Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra itu, Mayor Marinir R. Wira Gantoro HK dilantik menggantikan pejabat lama Mayor Marinir Agus Dwi Laksana Putra.

Mayor Marinir R Wira Gantoro HK sebelumnya di Staf Pers Mako Kormar Jakarta, sedangkan Mayor Marinir Agus Dwi Laksana Putra sudah dilantik sebagai Komandan Batalyon Infanteri-5 Marinir pada 18 Agustus 2009.

"Yonmarhanlan memiliki posisi yang sangat spesifik atau khusus di jajaran Korps Marinir, karena Yonmarhanlan merupakan organinik pembinaan di bawah Korps Marinir," katanya.

Namun, Yonmarhanlan dalam pelaksanaan tugas harus melaksanakan tugas-tugas pertahanan pangkalan di bawah komando operasi, sehingga hanya Komandan Pangkalan Utama yang bisa memberikan tugas-tugas operasi, sekaligus membekalinya.

Menurut orang nomor satu di jajaran Marinir Surabaya itu,
posisi Yonmarhanlan berada di wilayah sehingga merupakan ujung tombak dan sekaligus merupakan representasi atau wakil-wakil dari Korps Marinir seluruh Indonesia.

"Karena itu, Komandan Yonmarhanlan harus mampu menjamin tampilan dari masing-masing pribadi secara utuh sehingga dapat menampilkan kinerja satuan secara outstanding," katanya.

Danpasmar-1 berharap Danyon Marhanlan yang baru segera adaptasi terhadap kinerja
Pasmar-1 dan segera merumuskan konsep-konsep pembinaan, selain itu juga memelihara dan meningkatkan prestasi-prestasi yang sudah dicapai oleh pejabat lama.

"Seorang Komandan Yonmarhanlan dituntut kedewasaan dan mampu membina satuannya, karena secara organisasi Korps Marinir, Pasmar memiliki kemampuan sumber daya yang sangat terbatas," katanya.

Pelantikan itu dihadiri Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir LW Supit, Danbrigif-1 Mar Kolonel Marinir K Situmorang, Danmenart-1 Mar Kolonel Marinir FX Deddy Susanto, Danmenkav-1 Mar Kolonel Marinir Yuliandar, dan Danmenbanpur-1 Letkol Marinir Suhono.

ANTARA JATIM

No comments:

Post a Comment