Tuesday, August 25, 2009

Pergantian Lantamal VI Tidak Mempengaruhi Ekspedisi Takabonerate

Pangkoopsau II Marsda TNI Yushan Sayuti dan Danlantamal VI Laksma TNI Ign. Dadiek Surarto tengah berdialog. (Foto: Penkoopsau II)

25 Agustus 2009, Makassar -- Pergantian Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) dalam waktu dekat ini dijamin tidak akan mempengaruhi program ekspedisi Takabonerate di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Hal ini diungkapkan Danlantamal VI, Laksamana Pertama TNI Ignatius Dadiek Surarto usai melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Numang di Makassar, Senin.

Menurut Dadiek, pihaknya tetap akan memberikan dukungan sepenuhnya kepada pemerintah Provinsi Sulsel untuk menyukseskan kegiatan bahari ekspedisi Takabonerate yang akan digelar Oktober 2009.

"Kami tetap akan menyiapkan kapal fasilitas yang memiliki daya tampung hingga 500 orang," ungkap dia.

Kapal milik TNI AL yang akan digunakan pemprov dalam program ekspedisi itu, lanjut dia, hampir sama dengan jenis kapal yang digunakan untuk mengangkut penyelam pada even Internasional "Sail Bunaken" di Menado.

Dadiek mengaku, pergantian dirinya pada serah terima jabatan (sertijab) yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini tidak akan mempengaruhi kerjasama Pemprov Sulsel bersama dengan Danlantamal VI.

"Kami masih tetap komitmen mendukung kegiatan ekspedisi di Sulsel," ujarnya.

Perwira tinggi TNI AL ini akan menduduki jabatan sebagai Panglima Komando Armada Timur (Pangarmatim) Ujung Surabaya, yang sebelumnya dijabat oleh Laksamana Muda Lili Supramono.

Sementara posisi Danlantamal VI akan ditempati oleh Laksamana Pertama TNI Bambang Wahyudin yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan (Kadisfaslanal) TNI AL.

Pengenalan kawasan obyek wisata internasional taman laut Takabonerate akan menghadirkan peserta dari berbagai negara yang akan dilaksanakan di atas kapal rumah sakit (RS) Dr Suharso, milik TNI-AL, pada Oktober mendatang.

Takabonerate termasuk taman laut terluas di dunia dengan keindahan laut berada diurutan ketiga setelah Maladewa di Afrika, dan sangat menarik untuk dikunjungi para turis mancanegara, terutama yang senang menyelam, memancing, lambung race dan fotografer.

Obyek wisata bahari di salah satu pulau di kabupaten kepulauan Selayar ini memiliki jutaan biota laut yang cukup indah, termasuk terumbu karangnya yang tak kalah dengan taman laut Bunaken, Sulawesi Utara.

Pangkoopsau II Terima Kunjungan Danlantamal VI

Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara II (Pangkoopsau II), Marsekal Muda (Marsda) TNI Yushan Sayuti di Makoopsau II, menerima kunjungan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VI Makassar, Laksamana Pertama TNI Ign. Dadiek Surarto, Senin (24/9).

Kunjungan kali ini, dalam rangka silaturahmi sehubungan dengan rencana mutasi Danlantamal VI, menjadi Panglima Armada Kawasan Timur (Pangarmatim) Surabaya. Informasi yang diperoleh Danlantamal VI Makassar mendapat promosi menjadi Pangarmatim menggantikan Laksamada Muda (Laksda) TNI Lili Supramono.

Saat menerima Danlantamal VI, Pangkoopsau II didampingi para asisten Koopsau II. Dalam pertemuan yang berlangsung lebih kurang 30 menit kedua pejabat ini terlihat dalam suatu pembicaraan yang hangat dan akrab.

ANTARA SULAWESI SELATAN/Penkoopsau II

No comments:

Post a Comment