Thursday, August 27, 2009

Rusia Beli Kapal Amphibi Kelas Mistral Dari Perancis

LHD Tonnerre kelas Mistral milik AL Perancis sedang uji pelayaran. (Foto: DID)

27 Agustus 2009 -- Rusia merencanakan menandatanggani kesepakatan pembelian 3 -4 kapal serang amphibi kelas Mistral dengan Perancis akhir tahun ini, diungkapkan Kepala Staff AB Rusia Jenderal Nikolai Makarov saat digelar konferensi pers di ibu kota Mongolia Ulan Bator, Rabu (26/7).

“Kami sedang menegosiasikan pembelian sebuah kapal saat ini, dan kemudian dilanjutkan merencanakan mengakuisisi 3 - 4 kapal (kelas yang sama) dibangun bersama di Rusia,” ujar Jenderal Makarov.

Makarov tidak mengungkapkan jumlah nilai kesepakatan, tetapi menurut sumber seorang perwira tinggi Rusia yang berperan dalam negosiasi belum lama ini mengatakan harga kapal sekitar 300 - 400 milyar euro ($430 - 580 milyar).

Skema kapal amphibi kelas Mistral. (Foto: DID)

Bila pembelian berjalan sukses, akan menjadikan impor senjata dalam skala besar pertama oleh Rusia sejak bubarnya Uni Sovyet.

Rusia pertama kali tertarik membina hubungan bilateral dengan Perancis dalam peralatan dan teknologi angkatan laut pada 2008, ketika KASAL Rusia Laksamana Vladimir Vysotsky mengunjungi pameran senjata Euronaval 2008 di Perancis.

Menurut sumber militer lainnya, kemungkinan pembelian Mistral didiskusikan di pameran angkatan laut di St. Petersburg pada Juni tahun ini.

Program pengadaan persenjataan Rusia hingga 2015 tidak mencantumkan konstruksi atau pembelian kapal perang berukuran besar, jadi kemungkinan besar akuisisi kapal kelas Mistral terjadi dibawah program baru hingga tahun 2020, yang mana program ini masih dalam pengembangan.

RIA Novosti/@beritahankam

No comments:

Post a Comment