Wednesday, August 26, 2009

Dewa Ruci Satu-satunya di Dunia

KRI Dewa Ruci. (Foto: Koarmabar)

26 Agustus 2009, Makassar - - Indonesia boleh berbangga karena KRI Dewa Ruci merupakan satu-satunya kapal layar bertiang tinggi buatan H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman, yang masih beroperasi. Keperkasaan kapal itu kini bisa disaksikan di Lantamal IV, Makassar, karena baru saja merapat, Rabu (26/8) pagi.



26 Agustus 2009, Makassar -- Sejumlah awak KRI Dewaruci melambaikan tangan saat akan sandar di Lantamal IV Makassar, Sulsel, Rabu (26/8). KRI Dewaruci yang memuat 179 awak tersebut sandar di Makassar dan selanjutnya akan berlayar ke Benoa, Cilacap, Sabang, Dumai dan Surabaya dan akan berlayar selama 65 hari sejak 5 Agustus - 9 Oktober 2009. (Foto: ANTARA/Yusran Uccang/ama/09)

Galangan kapal H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman, pernah memproduksi tiga kapal sejenis di dunia namun dari ketiga kapal itu hanya KRI Dewa Ruci yang masih layak berlayar.

Kapal inilah yang digunakan taruna atau kadet Akademi Angkatan Laut RI belajar selama pelayaran Kartika Jala Krida atau pelayaran rutin ke berbagai belahan dunia, termask singgah di Makassar.

Tribun Timur

No comments:

Post a Comment