Monday, April 13, 2009

Latihan Cakra-B/09 di Lanud Balikpapan


14 April 2009, Balikpapan -- Untuk melatih kesiapsiagaan unsur pertahanana udara dalam menjaga kedaulatan wilayah udara nasional, TNI Angkatan Udara dan jajaran Kosekhanudnas II Kohanudnas, menggelar latihan “Cakra-B/09” bertempat di Lanud Balikpapan selama satu minggu (6-13/4).

Latihan diawali dengan melatih perwira yang berkualifikasi Ground Control Interception (GCI) bersama unsur Tempur Strategis (TS) menggunakan pesawat F-5 E/F Tiger yang ber-home base di Lanud Iswahyudi Madiun. Ke-18 perwira tersebut didampingi oleh 2 instruktur dalam berlatih dan me-refresh kembali bagaimana melaksanakan Air Intercept (AI).

Kolonel Pnb Barhim selaku Asops Kohanudnas didampingi Letkol Pnb Agus Pandu Purnama selaku Komandan Lanud Balikpapan mengatakan bahwa latihan ini sangat bermanfaat bagi perwira yang berkualifikasi GCI Controller, apalagi latihan kali ini sengaja diadakan di Lanud Balikpapan yang merupakan salah satu pangkalan operasi yang sangat strategis yang rentan terhadap ancaman dari luar, ujarnya.

Latihan “Cakra-B/09” secara edukatif memberi penyegaran pada personel Kosekhanudnas II dan jajarannya tentang sistem dan mekanisme Operasi Hanud, secara analitis untuk menguji dan menganalisa Protap Ops Hanud, serta secara integratif menciptakan kesamaan persepsi personel terkait untuk mencapai kesatuan tindakan, yang sekaligus mengintegrasikan antara unsur Hanud TNI AU dengan Radar Sipil serta kemampuan Hanlan Lanud Balikpapan dalam menangani pelanggaran oleh pesawat tempur musuh setelah berhasil forced down oleh pesawat tempur TNI AU.

Selain menggelar latihan udara Skadron Udara 14 juga menggelar Statick Show, yang bertujuan untuk meningkatkan minat kedirgantaraan bagi warga Balikpapan dan sekitarnya terutama generasi muda serta para pelajar, di Base Ops Lanud Balikpapan. Sabtu (11/4).

Penggelaran berupa alutsista pesawat tempur jenis F-5 E/F Tiger Skadron Udara 14 Lanud Iswayudi sebanyak 5 buah dan 1 pesawat Helikopter NAS-332 Super Puma Skadron Udara 6 yang bermarkas di Lanud Atang Sendjaja Bogor. Pada kesempatan hadiri pula Pangdam VI Tanjungpura, Mayjen TNI Tono Suratman beserta keluarga, Muspida Balikpapan dan masyarakat Balikpapan, bahkan ada yang datang dari Bontang dan Samarinda yang antusias akan kegiatan tersebut. (TNI AU)

No comments:

Post a Comment