Thursday, April 16, 2009

China Akan Bangun Kapal Perang Generasi Baru

Kapal cepat berlambung trimaran berkemampuan siluman milik AL China sedang dalam proses pembangunan

16 April 2009, Beijing -- Angkatan laut China akan membangun generasi baru kapal-kapal perang dan pesawat.

Laksamana Wu Shengli mengemukakan kepada suratkabar pemerintah China Daily bahwa angkatan laut China ingin membangun kapal-kapal perang besar , kapal-kapal selam siluman dan pesawat jelajah supersonik.

"(termasuk) Rudal-rudal jarak jauh yang lebih akurat , torpedo-torpedo laut dalam dan peningkatan teknologi informasi," kata Wu.

"Angkatan laut akan membangun sebuah sistem pertahanan maritim yang sesuai dengan kebutuhan untuk melindung keamanan maritim China dan pembangunan ekonomi," kata Wu.

Suratkabar berbahasa Inggris China Daily digunakan pemerintah untuk menyampaikan pesan-pesan kepada para pembaca asing.

Koran itu mengutip para tokoh militer China lainnya yang mengatakan bahwa referensi Wu pada pembangunan kapal-kapal perang besar mengacu pada rencana-rencana yang telah disiarkan untuk membangun sebuah kapal induk , tetapi juga kapal-kapal lainnya yang tidak disebutkan jenisnya.

Menteri Pertahanan China Liang Guanglie yang dikutip media pemerintah bulan lalu mengatakan China tidak hanya ingin menjadi kekuatan besar global tanpa memiliki sebuah kapal induk.

Pernyataan-pernyataan Wu juga lebih jauh menunjukkan bahwa para pemimpin China tidak berniat mundur dengan rencana itu di tengah-tengah keluhan dari Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya tentang pembangunan militer China yang dramatis.

China Maret lalu mengumumkan bahwa anggaran pertahannya akan meningkat 15,3 persen tahun ini menjadi 472,9 miliar yuan ( 69 miliar dolar).

ANTARA

No comments:

Post a Comment

Post a Comment