Saturday, April 18, 2009

Kapal Selam Pertama Malaysia Segera Tiba


18 April 2009, Kuala Lumpur -- Kapal selam pertama Malaysia KD Tunku Abdul Rahman, yang bertolak dari Toulon, Prancis, pada 24 Januari akan tiba di Kuala Lumpur pada 25 Juli.

Panglima Angkatan Laut Kerajaan Malaysia (RMN) Laksamana Abdul Aziz Jaafar mengatakan kapal selam itu akan merapat di dermaga pangkalan AL Sultan Abdul Aziz Shah di Pulau Indah, Klang, dan diterima oleh Yang Dipertuan Agong Tuanku Mizan Zainal Abidin. Menurut dia, kapal selam itu kemudian akan berlayar menuju pangkalan AL di Lumut, tempat para awaknya berpangkalan.

"Kami akan membuat persiapan untuk Lima 2009 di Langkawi sebelum berlabuh menuju pangkalan kapal selam di Sepanggar di luar Kota Kinabalu, Sabah (negara bagian di Malaysia Timur di Pulau Kalimantan)," katanya setelah peluncuran logo baru RMN oleh Panglima Angkatan Bersenjata Jenderal Abdul Aziz Zainal di Kuala Lumpur.

Panglima RMN mengatakan kapal selam itu akan dioperasikan sepenuhnya oleh awak dari Malaysia yang mengikuti pelatihan untuk misi-misi khusus. Kapal selama pertama Malaysia ini berjenis Scorpene dan merupakan jenis kapal selam yang dapat beroperasi pada kedalaman 100 meter-200 meter dan dilengkapi enam peluru kendali, rudal permukaan anti-kapal perang dan rudal anti-kapal selam. Kapal buatan perusahaan Navantia dari Spanyol dan DCNS dari Prancis itu menggunakan tenaga listrik dan diesel, dan dapat mencapai kecepatan 20 knots dan mampu membawa 10 torpedo dan 30 ranjau.
(Media Indonesia)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment