Friday, April 17, 2009

136 Prajurit Marinir Amankan Pulau Terluar


16 April 2009, Surabaya -- Komandan Pasmar-1, Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra di Surabaya, Kamis melepas keberangkatan prajurit Korps Marinir untuk pengamanan pulau terluar RI.

Satuan Tugas Marinir Pulau Terluar (Satgasmar Puter) VII yang dipimpin oleh Kapten Marinir Junaedi itu akan menempati Pulau Fani dan Pulau Brass yang berada di sebelah utara Papua serta Pulau Dana yang berbatasan langsung dengan Australia.

Komandan Pasmar-1 dalam sambutannya mengatakan, penugasan kepada segenap prajurit Korps Marinir adalah suatu kepercayaan dari pimpinan sekaligus amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada satuan, diri sendiri dan Tuhan YME.

"Tugas ini juga merupakan suatu kehormatan sekaligus kebanggaan. Oleh karenanya tugas yang diemban harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab," katanya.

Menurut dia, sebagai prajurit Korps Marinir, dimanapun bertugas harus senantiasa berfikir, bertindak dan berbuat yang terbaik, dengan bekal profesionalisme serta disiplin yang telah melekat di dada dan jiwa seluruh prajurit korps baret ungu tersebut.

"Saya yakin kalian dapat melaksanakan tugas Negara ini dengan sebaik mungkin. Tugas kalian ini untuk menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan negara dari ancaman, hambatan dan tantangan asing," katanya.

Ia juga mengharapkan kepada Komandan Satgasmar Puter VII agar mampu mengendalikan diri sendiri dan seluruh anak buahnya, sehingga dapat melaksanakan penugasan ini dengan baik, serta melakukan rotasi penempatan personel, karena pulau yang akan di tempati merupakan pulau yang tidak berpenghuni, sehingga bisa menghindarkan dari rasa bosan.

"Seluruh anggota Satgasmar Puter VII saya minta menggunakan waktu luang yang ada untuk tetap melaksanakan pembinaan satuan. Ikuti setiap perkembangan yang terjadi di daerah operasi dengan selalu meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan, serta gunakan prosedur tetap yang benar dalam setiap kegiatan sehingga meminimalkan kerugian personel dan material," katanya.

Pelepasan itu sendiri dihadiri Kepala Staf Pasmar-1, Kolonel Marinir L.W. Supit, Asintel Kaspasmar-1, Letkol Marinir Edi Juardi, Asops Kaspasmar-1, Kolonel Marinir I Made Wahyu Santoso, Aspers Kaspasmar-1, Letkol Marinir Amir Faisol, Aslog Kaspasmar-1, Kolonel Marinir Enjang Suryana.

Hadir juga Komandan Brigif-1, Kolonel Marinir K.Situmorang, Komandan Menart-1, Kolonel Marinr FX Deddy Susanto, Komandan Menkav-1, Kolonel Marinir Yuliandar, Komandan Menbanpur-1, Letkol Marinir Suhono serta sejumlah perwira lainnya.
(AntaraJatim)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment