Sunday, February 22, 2009

Rusia Meminta Tambahan USD 700 Juta Untuk INS Vikramaditya


Rusia meminta tambahan harga hingga USD700 Juta untuk proses refit, perbaikan dan pengiriman kapal induk INS Vikramaditya (eks RFS Admiral Gorshkov), seperti dilaporkan Press Trust of India.

Proses pengerjaan perbaikan dan refit dilakukan di galangan kapal Sevmash. Sevmah memerlukan kucuran dana segar segera USD 190 Juta guna melanjutkan pekerjaan perbaikan.

Permintaan USD 700 Juta akan menaikan harga akhir jual kapal induk berbobot 44.570 ton menjadi USD 2,9 Milyar.

Proses penjualan kapal induk ini, diawali ketika Rusia menawarkan kepada India mengakuisisi RFS Admiral Gorshkov di tahun 1994. Kemudian dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antar dua negara, dimana India menyetujui mengakuisisi kapal induk serta membiayai program refurbish dan refit yang akan dilakukan oleh biro perancangan Nevskoye dan pengerjaan di galangan kapal Severnoye. Penandatanganan dilakukan bertepatan kunjungan Perdana Menteri Rusia Yevgeny Primakov ke India di bulan Desember 1998.

INS Vikramaditya dalam proses refurbish dan refit

Karena masalah harga yang tidak menemui titik temu, pengiriman kapal induk ini ke India tertunda. Sebelumnya INS Vikramaditya diharapkan telah dapat bertugas di jajaran armada AL India sebelum INS Viraat (eks HMS Hermes) dipensiunkan karena faktor usia.

Kapal induk Admiral Gorskhov merupakan kapal terakhir dari empat kapal dalam project 1143 kelas Kiev kapal pertahanan udara. Peletakan lunas di bulan Desember 1978 dan diluncurkan 31 Maret 1982. Sebagian laporan menyebutkan pelucuran kapal 17 April 1982. Mulai berdinas di jajaran AL Uni Soviet Desember 1987, sebagian laporan Januari 1987.

Pada mulanya kapal induk ini diberi nama Admiral Flota Sovietskogo Sojuza Gorshkov, kemudian diubah menjadi Admiral Gorshkov.

Kapal induk ini pernah mengalami kerusakan hebat saat ruang boiler meledak dan terbakar tahun 1994. Kemudian masuk dok di Severodvinsk tanggal 2 Februari 1994. Setelah diperbaiki, kapal dapat melaut kembali tahun 1995. Akan tetapi diistirahatkan dari armada Rusia tahun 1996 dan ditempatkan di dok Severodvinsk.

Kapal induk INS Vikramaditya akan mengusung 16 MiG-29 versi maritim serta campuran helikopter Ka-28 anti kapal selam dan Ka-31 peringatan dini. Dibagian depan kapal dipasang 12 peluncur misil jelajah P-500 Bazalt (SS-N-12 Sanbox) serta 4 peluncur misil permukaan - udara Antey Kinzhal (SA-N-9 Gauntlet).

india-defence/bharat-rakshak/@beritahankam

1 comment:

  1. wah keren banget tuh kapal dan pesawatnya yang gambar atas seeppppppppp,,,,,,,,,

    ReplyDelete