Saturday, February 28, 2009

Marinir RI-AS Akhiri Latihan Bersama


27 Februari 2009, Jakarta -- Korps Marinir TNI Angkatan Laut (AL) dan Korps Marinir Amerika Serikat (AS) (United States Marine Corps /USMC), Jumat (27/2) mengakhiri latihan bersama yang telah berlangsung sejak 16 Februari 2009.

Komandan Korps Marinir TNI AL Mayjen TNI (Mar) Djunaidi Djahri yang ditemui terpisah kepada ANTARA News mengatakan, pihaknya akan terus membina kerja sama dengan korps marinir negara lain.

"Selain untuk membina hubungan baik, latihan bersama ini juga bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel marinir," ujarnya.

Dalam latihan bersama itu, Markas Komando Korps Marinir Pasmar II mengerahkan 90 personel, sedangkan Resimen ke-4 USMC mengerahkan 48 prajurit yang dipimpin Kolonel You.

Latihan bersama kedua pihak menggunakan peralatan simulator canggih dan dikendalikan oleh tactical control group. Tujuan latihan untuk meningkatkan kemampuan di bidang perencanaan, kegiatan staf, prosedur operasi pemeliharaan, komando pengendalian, pengambilan keputusan dan pengawasan.

Selain itu juga ada beberapa materi pelajaran yang dikembangkan yaitu pertukaran keilmuan antara marinir kedua negara. Seperti sistem kerja simulator counter insurgency line of operation, militery decision making process dan marine courps planning process.

Dalam latihan bersama disimulasikan pula kedua pasukan terlibat dalam operasi pemelihara perdamaian PBB .Operasi bertujuan meningkatkan stabilitas keamanan untuk mengembalikan dan memelihara kebebasan bergerak serta memberikan bantuan kemanusiaan di sejumlah wilayah konflik di dunia. (antara)

No comments:

Post a Comment