Tuesday, February 24, 2009

RI Siap Produksi Rudal

Roket Buatan Lapan Sedang Diujicoba

24 Februari 2009, Jakarta -- Riset pemerintah dalam bidang pertahanan mulai membuahkan hasil. Dalam waktu dekat, Indonesia akan memproduksi rudal alias peluru kendali. Saat ini Departemen Pertahanan sudah mematangkan rencana jangka pendek tersebut.

''Departemen Pertahanan telah merintis pengembangan roket menjadi rudal atau peluru kendali,'' kata Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR kemarin.

Juwono menegaskan, kemajuan riset tersebut telah cukup signifikan. Saat ini, kata dia, Dephan bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) telah mengembangkan roket kaliber 70 milimeter sebagai roket militer yang dilengkapi hulu ledak. Produk tersebut adalah hasil kerja sama komprehensif antara dua pihak. ''Lapan telah berhasil mengembangkan roket dengan berbagai kaliber. Di antaranya kaliber 70 milimeter dan 122 milimeter. Sebelumnya roket Lapan adalah roket ilmiah untuk keperluan nonmiliter,'' terang Juwono.

Selain itu, Dephan telah bekerja sama dengan salah satu produsen senjata dan pelengkapan militer nasional yakni PT Pindad. Kerja sama itu dalam bentuk penelitian hulu ledak kaliber 122 milimeter. Hulu ledak tersebut adalah salah satu komponen dalam pengembangan roket.

Sedangkan roket yang tengah dikembangkan pemerintah adalah jenis roket dari tanah ke tanah (ground to ground) dan dari udara ke tanah (air to ground). ''Kami juga meneliti penguatan materi energi yang bersifat eksplosif dan protelan,'' tambahnya.

Sejatinya ide memproduksi rudal dalam negeri sudah mengemuka sejak 2005. Sebelumnya, pemerintah telah menggelontorkan dana Rp 2,5 miliar untuk proyek pembuatan rudal. (jawapos)

Admin: MANTAP !!!!!!!!!!!
tapi jangan hanya wacana aja yach !!

No comments:

Post a Comment

Post a Comment