Thursday, January 22, 2009

Dankormar Buka Latgab Passus TNI Tri Matra II

Taifib (Photo: marinir.mil.id)

21 Januari 2009, Jakarta -- Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Djunaidi Djahri membuka secara resmi Latihan Gabungan Pasukan Khusus (LATGAB PASSUS) TNI Tri Matra II tahun 2008 di Auditorium Sekolah Komando TNI AL (Seskoal) Cipulir Jakarta-Selatan, Rabu (21/1).

Menurut Dankormar, latihan gabungan pasukan khusus TNI yang digelar saat ini merupakan kesempatan bagi ketiga satuan penanggulangan teror dari masing-masing angkatan untuk berlatih dan bekerjasama secara komprehensif sehingga tercapainya sasaran utama latihan, yaitu tersusunnya rencana operasi yang dapat digunakan sewaktu-waktu baik secara aspek operasional, taktik, tehnik dan prosedur.

Disamping itu, selain untuk menciptakan dampak psikologis yang menguntungkan bagi seluruh anggota pasukan khusus TNI, juga untuk mendapatkan data dan temuan yang akan digunakan untuk penyempurnaan doktrin dan pembuatan probangkuat dan kirbukuat di masa-masa yang akan datang.

Dankormar juga menegaskan, penyelenggaraan latihan ini merupakan suatu kegiatan penting dan memiliki bobot sangat strategis, mengingat pasukan khusus TNI memiliki tugas pokok yang selalu dihadapkan kepada berbagai kemungkinan kontijensi aksi terorisme yang dapat timbul sewaktu-waktu di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. ”Dengan latihan ini, diharapkan dapat mewujudkan kesiap-siagaan operasional satuan tempur pasukan khusus dalam penanggulangan teror yang bersifat strategis, terutama kemampuan penanggulangan teror aspek darat, laut dan udara dalam menghadapi setiap ancaman yang dapat mengganggu stabilitas Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Dalam pelaksanaan Latihan Gabungan Pasukan Khusus TNI Tri Matra II, latihan terbagi dalam 2 tahap, yaitu Gladi Posko dan Gladi Lapangan. Gladi Posko berlangsung di Seskoal dari tanggal 21 – 22 Januari 2009, sedangkan Gladi Lapangan di Hotel Peninsula Manado, Bandara Sam Ratulangi dan Perairan Teluk Manado dari tanggal 4 – 5 Pebruari 2009. Selain itu, Latgab Passus TNI Tri Matra II merupakan latihan gabungan Pasukan Khusus dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU yang kedua. Sebelumnya juga pernah dilaksanakan Gladi Posko dan Gladi Lapangan Latgab Passus TNI Tri Matra I Tahun 2008. Gladi Posko Latgab Passus TNI Tri Matra I di Markas Komando Pasukan Khusus (Makopassus) dari tanggal 13 - 15 Pebruari 2008, sedangkan Gladi Lapangan Latgab Passus TNI Tri Matra I di Batam dari tanggal 16 - 19 Pebruari 2008.

Sebelum mengakhiri amanat, Dankormar menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh peserta yang hadir dalam upacara pembukaan tersebut, diantaranya : Pertama, jaga disiplin diri dengan tetap mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agar saudara mampu melaksanakan tugas dengan baik dan aman sesuai apa yang diharapkan. Kedua, laksanakan segala kegiatan latihan ini dengan penuh tanggung jawab sehingga apa yang saudara ikuti dapat membawa manfaat baik terhadap satuan maupun perorangan. Ketiga, tajamkan mekanisme perencanaan dengan benar sehinggga akan mendukung keberhasilan manuver di lapangan. Keempat, bangun kerjasama antar pelaku dan pendukung latihan dalam hal yang positif. Kelima, aplikasikan teori, taktik dan tehnik secara benar untuk keberhasilan latihan maupun operasi nantinya. Keenam, mantapkan kemampuan individu dan satuan tugas latihan dengan semangat berlatih yang tinggi. Ketujuh, pegang teguh prosedur keamanan personel dan keamanan material.

Selain itu, Dankormar menegaskan kepada masing-masing bagian atau unsur-unsur yang terlibat, baik sebagai Pengawas dan Pengendalian, Pelaku, Penilai serta Pendukung latihan agar memahami tugas, fungsi dan tanggung jawabnya masing-masing. (tni.mil.id)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment