Friday, January 23, 2009

Apel Kelengkapan Menuju Pangkalan Surabaya


23 Januari 2009 -- Jarum jam masih menunjukkan angka 05.30 WIT (Waktu Indonesia Timur), namun sepagi itu sudah terlihat ada kesibukan diatas geladak KRI Teluk Cendrawasih-533. Semua ABK (Anak Buah Kapal) dan personel Satgas peresmian Lantamal XI Merauke, melaksanakan apel kelengkapan diatas geladak Teluk Cenderawasih-533, Jumat (23/1).

Apel kelengkapan adalah suatu tradisi atau prosedur tetap (protap) yang dilakukan oleh setiap anak buah kapal pada saat akan melaksanakan pelayaran. Pagi itu, apel kelengkapan dipimpin oleh Palaksa (Perwira Pelaksana) KRI Teluk Cendrawasih-533 Kapten Laut (P) Andi Wijaya.

KRI Teluk Cendrawasih 533 (Photo: tnial.mil.di)


Sesuai dengan namanya, apel kelengkapan tersebut dimaksudkan untuk mengecek kelengkapan personel baik bagi anak buah kapal maupun yang on board diatas kapal. Dengan tujuan, jangan sampai nanti dalam pelayaran ada personel yang tertinggal atau tidak terawakinya salah satu pesawat yang ada di kapal.

Untuk itu, dalam pelaksanaan apel kelengkapan semua kepala divisi atau bagian mengecek kelengkapan anggotanya masing-masing, dan kemudian dilaporkan kepada Palaksa. Apel kelengkapan yang diadakan pagi itu, dalam rangka kapal akan bertolak menuju pangkalan di Surabaya. (tnial.mil.id)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment