Thursday, January 22, 2009

Asops Panglima TNI Tinjau Kesiapan Satgas Laut KONGA Ke-28

22 Januari 2009, Surabaya -- Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayor Jenderal TNI Supiadin A.S. meninjau kesiapan Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda XXVIII-A / UNIFIL (United Nations Interim Forces in Lebanon) yang tengah mengikuti Latihan Pratugas selama satu bulan di Komando Latihan (Kolat) Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Ujung, Surabya, Rabu (21/01).

Asops Panglima TNI dalam pengarahannya dihadapan 110 prajurit TNI AL mengatakan bahwa penugasan yang akan dilaksanakan nanti, adalah merupakan implementasi dari amanah UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, sebagaimana tercantum dalam Pasal 7, yang terkait erat dengan operasi militer selain perang (OMSP).

Dalam pasal tersebut secara jelas ditegaskan bahwa TNI melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan Politik Luar Negeri. Tugas tersebut sangat mulia dan bahkan merupakan pelaksanaan misi yang sangat terhormat dan prestisius.

Dengan digelarnya Latpratugas ini, diharapkan akan mampu memberi nuansa dan wawasan pengalaman yang sangat berbeda dengan penugasan selama ini di dalam negeri.

Sebagaimana diketahui bersama, penugasan Kontingen Garuda ini telah dilaksanakan sejak tahun 1950-an, yaitu saat pengiriman pasukan Konga-I ke Mesir pada tahun 1957, kemudian pada tahun 1960, juga dikirim Kontingen Garuda-II ke Kongo, yang diikuti oleh Kontingen-Kontingen berikutnya hingga Kontingen Garuda XXIII-B/UNIFIL di Lebanon.

Pada bagian akhir pembekalannya, Asops Panglima TNI menekankan kepada seluruh prajurit yang terlibat MTF TNI Konga XXVIII-A / UNIFIL agar dapat melaksanakan latihan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, dapat memanfaatkan latihan ini untuk meningkatkan Profesionalisme baik secara perorangan maupun kerja sama kelompok serta hubungan satuan, dan memperhatikan faktor keamanan.

Usai memberikan pembekalan, Asops Panglima TNI dengan didampingi oleh Pangarmatim Laksamana Muda TNI Lili Supramono meninjau KRI Diponegoro-365 yang tengah sandar di Dermaga Madura, Ujung, Surabaya. (tni.mil.id)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment