Wednesday, March 9, 2011

Pangarmabar Buka Latihan Keamanan Laut

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Hari Bowo, M.Sc., membuka Latihan Keamanan Laut Wilayah Barat (Latkamlabar) pada suatu acara pembukaan di Gedung OB Sya’af Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jl. Gunung Sahari Raya N0. 67 Jakarta Pusat, Selasa (8/3).

8 Maret 2011, Jakarta -- (Dispenarmabar): Latihan yang bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan personel TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan tugas penegakan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai dengan hukum nasional dan hukum internasioanal yang telah diratifikasi, dipimpin Direktur Latihan Laksamana Pertama TNI D.A. Mamahit , M.Sc yang sehari-harinya menjabat Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmabar (Guskamlabar). Sedangkan sasarannya untuk menciptakan kemampuan personel, baik perorangan maupun satuan dalam menyusun konsep strategis penegakkan hukum dan keamanan laut yang dapat digunakan sewaktu-waktu dalam rangka operasi.

Latkamla ini dimaksudkan untuk menguji hasil pembinaan personil, materiil, sistem dan metode serta tingkat kemampuan di bidang keamanan laut sesuai ketentuan yang berlaku. Selain itu juga untuk menciptakan sistem koordinasi dan mekanisme kerja yang cepat, sistematis dan terpadu dalam melaksanakan penegakkan hukum di laut.

Latkamlabar ini diikuti oleh 122 orang perwakilan dari seluruh Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) dan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) serta Satuan Keamanan Laut (Satkamla), yang berada di bawah jajaran Koarmabar, serta perwakilan dari Kolinlamil, Dishidros Lanudal dan Satudarmabar.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut Komandan Gugus Tempur Laut Armabar (Guspurlabar) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dedy Yulianto, para Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) di bawah jajaran Koarmabar, serta para pejabat teras Koarmabar.

Kunjungan Kehormatan AL India

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda Hari Bowo, M.Sc., menerima kunjungan kehormatan Asisten Intelijen dan Hubungan Internasional Angkatan Laut India Real Admiral P. Murugesan, AVSM, VSM, di Gedung Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jl. Gunung Sahari Raya No. 67 Jakarta Pusat, Selasa (8/3).

Kunjungan kehormatan tersebut menandai telah berakhirnya kegiatan navy to navy talk antara India Navy dan TNI Angkatan Laut. Hadir mendampingi Pangarmabar dalam acara ini Asisten Intelijen (Asintel) Pangarmabar, Asisten Operasi (Asops) Pangarmabar dan Komandan Komando Latihan (Dankolat) Koarmabar. Kunjungan kehormatan tersebut diakhiri dengan saling tukar menukar cindera mata.

Sumber: Dispenarmabar

No comments:

Post a Comment