Saturday, December 4, 2010

Satgasla PPRC TNI Diberangkatkan


02 Desember 2010, Surabaya -- Satuan Tugas Laut (Satgasla) Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI diberangkatkan dengan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Surabaya-591 dari Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya hari ini. Kamis (02/12) ke Perairan Sanggata, Kalimantan Timur Satgasla Dibawah komando Kolonel Laut (P) I Nyoman Nesa bermarkas di KRI Surabaya-591.

Satgas ini membawa Satu Batalyon Tim Pendarat (BTP) mines dengan jumlah 481 pasukan Marinir Surabaya serta tiga unsur kapal perang lainya. Unsur-unsur Satgasla itu terdiri dari empat KRI meliputi kapal jenis Amfibi KRI Teluk Cendrawasih-533, kapal patrol tipe Parchim KRI Lambung Mangkurat-874, KRI Ajak-653 dan KRI Surabaya yang merupakan Kapal jenis Landing Platform Dock (LPD) buatan Korea, serta satu BTP mines pasukan Marinir yang terdiri dari Kompi senapan, Tank Amfibi, RRF, PK, Zeni Tempur, dan Howitzer. Guna mendukung pasukan pemukul Satgas laut juga menerjunkan satu tim Komunikasi dan Elektronika (Kolek), Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL), Psikologi, rohaniawan serta medis.

Semua tim yang terpadu ini memilki tugas sesuai dengan fungsinya masing-masing baik selama perjalanan lintas laut (Linla) sampai pelaksanaan manufer lapanagan yang sebenarnya. Satgas PPRC ini terdiri dari Tiga satuan tugas sesuai kematraan di TNI, yaitu satuan tugas darat, satuan tugas laut dan satuan tugas udara. Sedangkan komandan tertinggi ketiganya adalah Komandan PPRC TNI 2010/2011 yang di jabat oleh Panglima Divisi (Pangdiv) II Kostrad Singosari Malang Mayor Jendral TNI M. Munir.

Dispenarmatim

No comments:

Post a Comment

Post a Comment