Saturday, December 4, 2010

Komandan U.S Special Operation Command Pacific Kunjungi Kopassus

Sat-81 Gultor. (Foto: Kopassus)

03 Desember 2010 -- Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus Mayjen TNI Lodewijk F. Paulus, menerima kunjungan kehormatan yang kedua kalinya oleh Rear Admiral Sean Pybus, Komandan U.S Special Operation Command Pacific, beserta rombongan, di Makopassus, Jakarta. Pada kesempatan itu, Danjen Kopassus didampingi Dansat 81/Kopassus, Para Asisten Danjen Kopassus dan Para Kabalak Kopassus. Kepada tamunya Danjen mengatakan, kunjungan yang kedua di Indonesia kali ini memiliki makna yang sangat penting bagi upaya meningkatkan persahabatan dan kerja sama yang sudah dibangun selama ini, khususnya antara US Pacific Command dengan Kopassus serta memberikan pengetahuan tentang Sat 81/Kopassus yang akan dibentuk organisasi Special Operation Command (SOCOM) di tingkat TNI.

Hal ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen Angkatan Bersenjata Amerika Serikat untuk selalu menjalin hubungan dan kerjasama dengan kopassus. Sebagaimana kita ketahui bersama, Kopassus sebagai bagian dari TNI Angkatan Darat, memiliki tugas pokok antara lain menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan darat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Disamping itu, sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, Indonesia, memiliki posisi yang strategis dibidang geo-ekonomi dan geo-politik kawasan Asia Tenggara serta memiliki peran yang besar dalam mendukung keamanan regional, khususnya dalam memerangi terorisme. Untuk itu, TNI Angkatan Darat, khususnya Kopassus berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama dengan dengan negara-negara sahabat, termasuk Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, terutama dibidang pendidikan dan latihan dalam rangka meningkatkan profesionalitas prajurit guna menciptakan perdamaian regional dan internasional.

Kerjasama tersebut diharapkan akan mewujudkan normalisasi hubungan Indonesia - Amerika Serikat yang lebih baik, khususnya dibidang pertahanan guna peningkatan profesionalitas keprajuritan kedua Pasukan Khusus. Kesemuanya itu tentunya dengan tetap berlandaskan kepada sikap saling percaya, saling menghormati dan saling menguntungkan serta senantiasa menjunjung tinggi semangat cinta damai, kata Danjen.

Athan Australia Diterima Danjen Kopassus


Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI Lodewijk F. Paulus, menerima kunjungan Atase Pertahanan (Athan) Australia Colonel A.C. Fred Danjer, bertempat di Ruang kerja Danjen, Makopassus, Jakarta, Rabu (1/12). Pada kesempatan tersebut, Athan Australia Colonel .C.Fred Danjer menyampaikan maksud kedatangannya dalam rangka memperkenalkan penggantinya Colonel John Gould. Turut mendampingi Danjen Kopassus pada acara tersebut, Waasintel Danjen Kopassus dan Waasops Danjen Kopassus.

Kopassus

No comments:

Post a Comment

Post a Comment