Tuesday, February 16, 2010

Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha Batalyon Mekanis Pertama TNI AD Siap Diresmikan


15 Februari 2010, Jakarta -- Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI Darpito Pudyastungkoro, S.Ip. M.M., meninjau kesiapan Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha Brigif 1 PIK /Jaya Sakti Kodam Jaya bertempat di Markas Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha Jl. Raya Bogor Km 26 Gandaria Jakarta Timur, Senin (15/2).

Hadir dalam geladi tersebut Kepala Staf Kodam Jaya Brigadir Jenderal TNI Waris, Inspektur Kodam Jaya, Asisten Perencanaan Kodam Jaya, para Asisten Kasdam Jaya, para Komandan Satuan dan Kepala Badan Pelaksana jajaran Kodam Jaya.

Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha merupakan Batalyon Mekanis satu-satunya yang ada di satuan jajaran TNI yang akan diresmikan pada tanggal 16 Februari 2010 oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta. Perubahan Batalyon Infanteri 201/Jaya Yudha menjadi Batalyon Infanteri Mekanis berdasarkan Peraturan Panglima TNI Nomor Perpang/50/IX/2008 tanggal 3 September 2008. Adapun perbedaan yang paling menonjol dari Batalyon Infanteri ini adalah penggunaan Kendaraan Tempur berupa Panser yang jumlahnya sesuai Top Organisasi adalah sebanyak 82 kendaraan tempur Panser.

Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha ini mempunyai tugas pokok untuk melaksanakan pertempuran jarak dekat di darat dengan menggunakan kendaraan tempur angkut lapis baja guna mencari, mendekati, menghancurkan dan menawan musuh serta merebut, menguasai dan mempertahankan medan baik berdiri sendiri maupun dalam hubungan yang lebih besar dalam rangka mendukung tugas pokok Brigade Infanteri ataupun Komando Utama (Kotama). Satuan ini berada di bawah jajaran Satuan Brigade Infanteri 1 Pengamanan Ibukota/Jaya Sakti Kodam Jaya.

Pendam Jaya/Dispenad

No comments:

Post a Comment

Post a Comment