Friday, February 19, 2010

Dua Typhoon Tiba di India Untuk Menangi MMRCA

Eurofighter Typhoon. (Foto: Eurofighter)

19 Februari 2010 -- Dua jet tempur Typhoon milik AU Jerman (Luftwaffe) lepas landas dari Pangkalan Udara Laage, Jerman, Senin (15/2), mendarat di Bangalore, Kamis (18/2).

Kedua jet tempur disiapkan untuk uji terbang oleh para pilot AU India, dalam program tender 126 jet tempur yang dikenal dengan Medium Multi-role Combat Aircraft (MMRCA).

AU India telah menguji empat pesawat dari enam kontestan, Boeing F/A-18 Super Hornet, Lockheed F-16IN Super Viper, Dassault Rafale dan MiG-35, terakhir yang akan diuji coba SAAB Gripen NG.

Dalam usahanya memenangkan tender Eurofighter Typhoon memboyong simulator ke arena pameran Defexpo 2010 di New Delhi yang berlangsung 15 - 18 Februari. Selama tiga hari, simulator dikunjungi oleh Menteri Pertahanan India A.K Antony, KASAU India Marsekal P.V Naik, Komodor Udara Rakesh Dhir serta para undangan VIP, termasuk Anand Mahindra.


Jet tempur Typhoon pertama kali tampil di India saat digelar pameran dirgantara Aero India 2009 di Bangalore.

Setelah uji terbang tuntas, jet tempur peserta tender akan diciutkan hingga tersisa dua pesawat. Kemudian penawaran komersial dibuka, menurut prosedur Kementrian Pertahanan India penawar terendah sebagai pemenang kontrak.

Sudah dipastikan jet tempur buatan Perancis Dassault Rafale tersingkir.

Business Standard
/@beritahankam

No comments:

Post a Comment