Saturday, February 20, 2010

IRIS Jamaran Destroyer Pertama Buatan Iran


20 Februari 2010 -- Iran meluncurkan kapal perang jenis destroyer (setaraf frigate klasifikasi AS) pertama buatan galangan kapal dalam negeri, Jumat (19/2). Kapal perang akan dipakai untuk patroli di perairan Teluk Persia.

Peresmian peluncuran kapal dihadiri pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Seyed Ali Khamenei dan para pejabat tinggi AL Iran.

Kapal diberinama IRIS Jamaran-76 dirancang berdasarkan frigate buatan Inggris kelas Alvand yang dioperasikan AL Iran, mempunyai bobot sekitar 1420 ton, panjang 94 meter dengan kecepatan maksimal 30 knot.

IRIS Jamaran dapat membawa awak dan penumpang 120 - 140 orang, dipersenjatai rudal anti kapal permukaan Noor (C-802), rudal permukaan-udara, satu kanon Fajr-27 (tipe Oto-Melara) 76 mm, satu kanon Fath-40 20 mm dan tabung torpedo 12,75 mm.





Kapal dilengkapi radar modern dan kemampuan melakukan perang elektronik serta helipad untuk satu helikopter Agusta AB-212 ASW.

Peluncuran destroyer ini menandai loncatan teknologi bagi industri pertahanan maritim Iran. Iran sedang membangun sejumlah kapal dari kelas yang sama. Kapal-kapal ini akan ditempatkan di Laut Kaspia. Iran berbatasan dengan Rusia, Azerbaijan, Kazakhtan dan Turkemistan di Laut Kaspia.

FNA/@beritahankam

No comments:

Post a Comment