Monday, February 15, 2010

Kapal Tanker AL India INS Deepak Diluncurkan di Italia

Dubes India untuk Italia Shri Arif S. Khan memberikan sambutan saat peluncuran INS Deepak di Muggiano, La Spezia. (Foto: PIB)

14 Februari 2010 -- Galangan kapal Fincantieri di Muggiano, La Spezia, Italia meluncurkan kapal tanker pertama dari dua yang dipesan Angkatan Laut India, dijadwalkan kapal dikirimkan ke AL India akhir tahun.

Upacara peluncuran dihadiri Duta Besar Republik India untuk Italia Shri Arif S. Khan, direktur Fincantieri Corrado Antonini serta pejabat AL Italia Admiral Franco Poli.

Fincantieri diumumkan pemenang tender senilai 139 juta euro di Euronaval 2008 pada April 2008, setelah menyisihkan perusahaan dari Rusia dan Korea Selatan.

Kapal diberi nama INS Deepak, tanker berlunas ganda berbobot 27,500 ton dengan panjang 175 meter dan dapat dipacu hingga 20 knot. Kapal dilengkapi dengan dek yang dapat menampung helikopter menengah (maksimal 10 ton). Maksimum penumpang kapal 250 orang termasuk awak dan tentara.

INS Deepak mampu melayani pengisian bahan bakar pada empat kapal sekaligus.

Sedangkan kontrak kapal kedua ditandatangani Maret 2009. Saat ini, kapal dalam tahap konstruksi di galangan kapal Fincantieri di Sestri Ponente, Genoa dijadwalkan dikirimkan ke AL India 2011.

Fincantieri/@beritahankam

No comments:

Post a Comment