Wednesday, December 23, 2009

PBB Akui Standar Kelayakan Peralatan TNI

Tim COE Periksa Kesiapan Peralatan TNI (Foto: Puspen TNI)

23 Desember 2009, Kongo -- Tim COE (Contingent Owned Equipment) misi PBB di Kongo terdiri dari Mr. Aguda (Filipina), Mr. Jovanic (Rusia) dan Miss Cristhina (Serbia) selama dua hari, Selasa, 22 Desember 2009 memeriksa dan menilai seluruh kelayakan dan kemampuan peralatan, khususnya alat-alat berat yang dimiliki oleh Satuan Tugas (Satgas) Zeni TNI Kontingen Garuda (Konga) XX-G/Monuc yang berada di Dungu - Kongo.

Pemerikasaan terhadap seluruh peralatan Kontingen Indonesia oleh Tim COE dari Markas Besar MONUC (Mission de I’Organisation des Nations Unies en Republique Democratique du Congo/misi PBB di Kongo) merupakan kegiatan rutin per tiga bulan yang dilaksanakan PBB guna melihat kemampuan dan kesiapan alat berat, peralatan medis, peralatan EOD (Explosive Ordnance Disposal) dan alat pendukung lainnya dalam menjalankan tugas yang diberikan oleh PBB kepada Pemerintah Indonesia dalam misi perdamaian.

Tim inspeksi PBB juga memeriksa perlengkapan setiap prajurit yang tergabung dalam Satgas Kompi Zeni TNI. Sesuai standar PBB, setiap personel pasukan penjaga perdamaian PBB harus dilengkapi dengan perlengkapan perorangan lapangan yang terdiri dari helm tempur, rompi anti peluru, jaket tempur, pakaian dinas lapangan, sepatu lapangan, jas hujan, sleeping bag, ransel, kelambu lapangan, veldples, senter militer, peralatan survival, perlengkapan P3K dan lain-lain.

Menurut Tim COE yang diketuai oleh Mr Jovanic, Kontingen Indonesia dinilai sangat baik karena peralatan yang dioperasikan oleh Kontingan Garuda XX-G sesuai dengan standard kelayakan PBB.

Indonesia juga mampu memelihara alat-alat berat, alat-alat medis, alat EOD dan alat lainnya, sehingga Kontingen Garuda XX-G/Monuc mampu melaksanakan tugas di lapangan dengan maksimal.

Setelah hampir dua bulan melaksanakan tugas di Kongo, Kontingen Indonesia dinilai mampu mempertahankan dan melaksanakan standar operasional yang telah ditentukan oleh PBB.

Oleh karena itu, Tim COE mengharapkan Kontingen Indonesia dapat mempertahankan dan bahkan dapat meningkatkan kesiapannya dalam menghadapi tugas-tugas yang diberikan oleh PBB dimasa yang akan datang.

VIVAnews

No comments:

Post a Comment

Post a Comment