Thursday, December 24, 2009

Pangdam Jaya Lakukan Studi Banding Latihan Purkota di Singapura

Murai Urban Training Facility (MUTF) berada di area latihan Lim Chu Kang terletak sekitar Jalan Murai. (Foto: Mindef Singapore)

24 Desember 2009, Jakarta -- Untuk menimba ilmu dan pengetahuan ke negara lain, termasuk di bidang militer bukanlah merupakan sesuatu yang salah. Dari studi yang dilakukan itu, tentu banyak yang bisa dipetik dan kemungkinan bisa diterapkan di negara kita.

Apalagi Kodam Jaya yang saat itu sedang mempersiapkan Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha untuk melaksanakan kegiatan latihan pertempuran kota (Purkota), maka studi banding itu dinilai perlu. Karena itu Pangdam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI Darpito Pudyastungkoro mengadakan studi banding ke Angkatan Darat Singapura yang sudah merancang dan melaksanakan latihan pertempuran kota dengan fasilitas latihan yang memadai. Latihan Purkota tersebut berlokasi di Murai Urban Training Facility (MUTF) Singapura.

Dalam kunjungan peninjauan latihan pertempuran kota di Singapura, Pangdam Jaya didampingi oleh Direktur Latihan Kodiklat TNI AD Brigadir Jenderal TNI Lodewijk F Paulus (sekarang Danjen Kopassus-Red), Asisten Intelijen Kasdam Jaya, Asisten Operasi Kasdam Jaya, Kepala Zeni Kodam Jaya, Komandan Brigade Infanteri I Pik/Jaya Sakti, Pabandya-2/Latsat Sopsad, dan Kepala Staf Pribadi Pangdam Jaya; tulis Pendam Jaya.

Maket Murai Urban Training Facility. (Foto: Mindef Singapore)


Prajurit TNI AD dan SAF berlatih perang kota di Murai Urban Training Facility. (Foto: Mindef Singapore)

Dalam studi banding tersebut Pangdam Jaya bersama rombongan melaksanakan kunjungan kehormatan ke Kementerian Pertahanan Singapura yang diterima oleh Brigadir Jenderal Tan Meng Dui Director Military Intelegence.

Kepada tuan rumah, Pangdam Jaya membicarakan tentang tujuan kunjungannya serta membahas kerjasama latihan yang akan dilaksanakan dimasa datang dengan materi latihan Purkota serta saling memberikan informasi tentang perkembangan situasi di masing-masing negara.

Ada hal-hal yang menjadi acuan dalam pengembangan latihan Purkota antara lain penerapan taktik Purkota oleh Angkatan Darat Singapura, fasilitas latihan Purkota Angkatan Darat Singapura yang disiapkan dengan perlengkapan simulasi, area latihan Purkota yang berbeda-beda, bangunan kota-kota baru yang modern, dan bangunan kota yang memiliki kepadatan. Fasilitas bangunan latihan yang mampu mengakomodasi latihan kekuatan besar, dan bangunan-bangunan yang dilengkapi dengan kamera video.

Perlengkapan perorangan yang digunakan untuk Purkota antara lain baju rompi antipeluru, sistem komunikasi yang canggih, konsep operasi yang disusun sebaik mungkin dan riil.

Peninjauan Pangdam Jaya bersama rombongan diakhiri dengan berkunjung ke Pusat Pendidikan Kavaleri dan pada kunjungan tersebut mendapatkan penjelasan tentang karakteristik tank mekanis dan simulator kegiatan manuver tank.

PELITA

No comments:

Post a Comment

Post a Comment