Tuesday, December 22, 2009

Empat KRI Laksanakan Manuver Lapangan

KRI Mentawai-959. (Foto: KOLINLAMIL)

22 Desember 2009, Jakarta -- Sedikitnya empat unsur kapal perang jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dan satuan pasukan setingkat satu Kompi Marinir melaksanakan Manuver Lapangan (Manlap) Latihan Pratugas Satgas Operasi Angkutan Laut Militer 2009 yang digelar Komando Lintas laut Militer (Kolinlamil), tanggal 21-24 Desember 2009 di perairan Laut Jawa, Senin (21/12).

Kegiatan Manlap itu melibatkan kapal perang jenis Bantu Angkut Personel (BAP) KRI Tanjung Nusanive-973, Landing Ship Tank (LST) KRI Teluk Amboina-503 dan KRI Mentawai-959 di bawah pembinaan Satuan Lintas laut Militer (Satlinlamil) Jakarta. Sedangkan dari Satlinlamil Surabaya dilibatkan satu LST KRI Teluk Ratai-509. Latihan yang dilaksanakan selama empat hari tersebut dipimpin Komandan Satgas Kolonel Laut (P) Ken Tri Basuki yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta.

Kegiatan latihan pratugas tersebut akan dilaksanakan berbagai kegiatan dengan materi antara lain latihan melewati medan ranjau, prosedur penembakan senjata atas air dan senjata antiudara, penanggulangan kebakaran dan kebocoran, komunikasi taktis, manuvra taktis embarkasi dan debarkasi serta prosedur beaching, jelas Kadispen Kolinlamil Letkol Laut (Kh) Drs Agus Cahyono.

Untuk latihan penembakan yang akan dilaksanakan di Pulau Gundul setiap KRI akan melaksanakan latihan penembahan siang maupun malam hari dengan melaksanakan penembakan mulai dengan senjata 12,7 mm sampai dengan senjata kaliber 40 mm.

Sedangkan untuk kegiatan SAR dilaksanakan dengan simulasi pertolongan terhadap korban yang jatuh di laut. Demikian pula dilaksanakan SAR yang direncanakan dengan melaksanakan bantuan/pemindahan bantuan logistik antar-KRI.

Sedangkan kompi pasukan Marinir yang terlibat dalam latihan melaksanakan latihan embarkasi dan debarkasi pasukan saat melaksanakan beaching di salah satu pulau di Kepulauan Seribu dengan sedikitnya melibatkan dua kendaraan tempur di KRI Teluk Amboina-503. Selain itu dilaksanakan latihan debarkasi pasukan Marinir dengan menggunakan jaring di kapal perang saat berada di daerah latihan.

Kegiatan Manlap Pra Tugas Anglamil 2009 dilepas oleh Panglima Kolinlamil yang diwakili Asisten Operasi Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Harjo Susmoro didampingi beberapa pejabat teras Kolinlamil di dermaga Mako Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta.

PELITA

No comments:

Post a Comment