Monday, December 21, 2009

Mesin Jet Tempur Malaysia Dicuri

Mesin jet tempur F-5E TUDM yang dicuri. (Foto: Michael Benolkin)

21 Desember 2009, Kuala Lumpur -- Personel Angkatan Udara Malaysia mencuri sebuah mesin jet tempur dari gudang militer, untuk menjualnya ke pasar gelap di luar negeri.

Pencurian itu telah terjadi lebih dari setahun yang lalu, saat mesin pesawat sedang mengalami perbaikan. Namun hal itu diketahui publik setelah surat kabar New Straits Times melaporkannya Sabtu lalu, mengutip informasi dari petugas yang tidak diketahui identitasnya.

Menteri Pertahanan Ahmad Zahid Hamidi mengatakan pihak berwenang sedang mengumpulkan bukti-bukti untuk mengadili mereka yang terlibat, termasuk beberapa personel berpangkat rendah dan warga sipil.

"Tindakan keras juga akan diambil terhadap staf yang terlibat atas pengkhianatan terhadap negara," ujarnya seperti dikutip dari AP, Senin (21/12/2009).

"Sebuah perusahaan internasional yang berbasis di Amerika Latin membeli mesin itu seharaga 50 juta ringgit (USD14 juta), karena harganya murah," tambah Ahmad Wahid.

Mesin yang dicuri itu digunakan untuk jet tempur berawak tunggal dan pesawat pengintai, dan diyakini berakhir pada pembeli di Timur Tengah.

Okezone

No comments:

Post a Comment

Post a Comment