Tuesday, October 20, 2009

Menhan Sampaikan Terimakasih Atas Bantuan Angkatan Laut Singapura di Padang

Penyematan Bintang Jalasena Utama berlangsung di ruang hening Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (16/10/2009). (Foto: detikFoto/Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi).

19 Oktober 2009, Jakarta -- Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi atas bantuan Angkatan Laut Singapura yang turut serta dalam penanggulangan bencana di Padang, Sumatera Barat.

Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono, Jumat (16/10), saat menerima kunjungan kehormatan Chief of Republik of Singapore Navy, RADM Chew Men Leong, di Kantor Dephan, Jakarta. Kunjungannya yang didampingi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Tedjo Edy Purdijatno ini seusai menerima bintang kehormatan dari Presiden RI di Mabes TNI Cilangkap. Menurut Kasal Singapura, penganugerahan bintang ini merupakan kehormatan baginya dan menjadi salah satu cara mempererat hubungan Angkatan Laut kedua negara.

Dijelaskannya saat ini Angkatan Laut Singapura juga menjalin kerjasama pengamanan wilayah perairan kedua negara dengan Badan Koordinator Keamanan Laut (Bakorkamla) Indonesia.

Kasal Singapura juga mengucapkan keprihatinan atas gempa yang terjadi di Sumatera Barat yang menyebabkan banyak korban jiwa dan kerusakan infrastruktur. Dan berharap semoga bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Singapura akan sedikit membantu para korban gempa di Padang, terutama Pariaman.

Dikatakannya, Pemerintah Singapura telah mengirimkan tim, rescue pada minggu pertama, kemudian disusul tim medis untuk membantu pengobatan para korban dan tim teknik untuk membantu pemulihan infrastruktur usai gempa terutama di Pariaman.

RADM Chew Men Leong berharap masyarakat Padang dapat cepat pulih dari bencana gempa yang menimpanya ini. Dijelaskannya bahwa tahun lalu Angkatan Laut Singapura melakukan latihan bersama dengan TNI AL di Padang, karena itulah terdapat rasa keterkaitan antara Angkatan Laut Singapura dengan terjadinya kota di Padang.

DMC

No comments:

Post a Comment