Monday, October 26, 2009

LPD KRI Banjarmasin-592 Akan Perkuat Kolinlamil


26 Oktober 2009, Surabaya -- Kapal perang jenis Landing Platform Dock ( LPD) Banjarmasin-592 dalam waktu dekat akan menambah unsur jajaran kapal perang TNI AL dan direncanakan akan menambah unsur kapal perang dibawah pembinaan Komando Lintas laut Militer (Kolinlamil), demikian disampaikan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Marsetio,M.M saat meninjau pembangunan LPD yang dibangun di PT PAL, Kamis pekan lalu.

Kapal perang dengan panjang 125 meter dan lebar 22 meter yang dibangun di PT PAL tersebut direncanakan sebagai salah satu pengganti dari sedikitnya lima unsur kapal perang yang akan dihapus dari jajaran TNI AL. Beberapa unsur Kapal peranng yang direncanakan dihapus dari TNI AL tersebut usianya sudah relatif cukup tua dan dioperasikan lebih dari 40 tahun di Jajaran Kolinlamil.

Kunjungan Panglima Kolinlamil laksda TNI Marsetio,M.M didampingi Kadisadal Laksma TNI Suryo D. Prabawa, Kolonel Laut (T) Duapadang dan Asrena Pangkolinlamil Kol Laut (P) Zainudin dan staf satuan tugas pengadaan kapal perang di PT PAL. Panglima Kolinlamil beserta rombongan diterima Dirut PT PAL Harsusanto diwakili Direktur SDM PT PAL Sewoko berserta staf di ruang rapat Gedung PT PAL Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut Dirut PT yang diwakili Direktur SDM dan beberapa staf PT PAL menyampaikan paparan tentang penyelesaian pentahapan pembangunan Kapal perang dengan nomor lambung- 592 .

Dalam kesempatan tersebut Panglima Kolinlamil menanggapi tentang kemampuan pintu masuk kapal LPD Banjarmasin yang berada lambung kapal pada saat embarkasi alat-alat berat dari satuan TNI . Hal itu agar nantinya tidak manjadi kendala secara tehnis saat embarkasi alat-alat berat dari Satuan TNI maupun kendaraan tempur dan rundis lainnya dalam mendukung kegiatan operasi pergeseran pasukan maupun operasi penaggulangan bencana alam.

Sementara itu pada saat di kapal perang LPD Banjarmasin, Laksda TNI Marsetio, M.M beserta rombongan meninjau berbagai peralatan dan fasilitas akomodasi yang ada di kapal mulai dari peralatan komunikasi, peralatan navigasi, ruang anjungan dan peralatan radar, ruang akomodasi ABK dan Komandan. Selain itu meninjau ruang kendali pesawat udara, ruang operator mesin kapal, ruang deck kapal serta kelengkapan lifecraft untuk SAR, serta perahu karet.

Saat peninjauan berlangsung di kapal perang tersebut, Panglima Kolinlamil mendapat penjelasan secara garis besar tentang bebagai hal diantaranya berkaitan dengan peralatan dan kemampuan LPD Banjarmasin dari Staf PT PAL.

Dalam kegiatan tersebut, Laksda TNI Marsetio, M.M menyampaikan penekanan kepada perwira tertua ABK LPD Banjarmasin Letkol laut (P) Eko Jokowahyono bahwa peralatan komunikasi udara agar dlaksanakan latihan dengan pesud TNI AL sebagai uji coba pesawat dan ketrampilan anggota. Demikian pula dengan peralatan lainnya agar dilaksanakan latihan dan uji coba komunikasi dengan unsur-unsur yang ada di pangkalan.

Pada akhir kunjungan kepada Perwira tertua yang direncanakan mengawaki LPD Banjarmasin-592, menambahkan untuk lebih aktif mengadakan latihan-latihan terhadap peralatan yang ada dalam rangka menambah kemampuan setiap ABK sesuai dengan tugas dan tanggung jawab dalam mengawaki kapal perang .

DISPENAL

No comments:

Post a Comment

Post a Comment