Tuesday, October 27, 2009

Kasum Buka Geladi Mako PPRC TNI

Kasum TNI Laksdya TNI Y Didik Heru Purnomo membacakan amanat dari Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso. (Kadispenum Puspen TNI). (Foto: detikFoto/Kadispenum Puspen TNI)

26 Oktober 2009, Cilodong, Jakarta -- Guna memperoleh kesiapsiagaan yang tinggi, maka TNI telah memprogramkan latihan PPRC (Pasukan Pemukul Reaksi Cepat) dalam bentuk kegiatan geladi mako, yang bertujuan meningkatkan kemampuan profesionalisme unsur-unsur pimpinan dalam prosedur hubungan Komando dan Staf, PPRC TNI guna mendukung pencapaian tugas pokok.

Demikian amanat Panglima TNI, Jenderal TNI Djoko Santoso yang dibacakan oleh Kasum TNI, Laksdya TNI Y. Didik Heru Purnomo pada upacara pembukaan Geladi Mako PPRC TNI, di Makodif-I Kostrad Cilodong, Bogor, Jawa Barat, Senin (26/10).

Kepada peserta geladi, Panglima TNI menekankan agar melaksanakan geladi ini dengan penuh kesungguhan, dedikasi dan disiplin tinggi serta penuh rasa tanggung jawab, pelihara realisme geladi dan disesuaikan dengan perkembangan lingkungan strategis serta kemungkinan kontinjensi yang mungkin timbul di wilayah daratan, sehingga dapat mewujudkan suatu konsep strategi penangkalan dan penindakan yang dapat dioperasionalkan dalam kondisi yang sebenarnya.

Bertindak sebagai komandan upacara pembukaan Geladi Mako PPRC TNI 2009 ini adalah Kolonel Inf Muslimin Akib. (Foto: detikFoto/Kadispenum Puspen TNI)

Geladi Mako PPRC TNI yang dilaksanakan mulai tanggal 26 Oktober hingga 1 Nopember 2009 ini diikuti oleh 150 personel. (Foto: detikFoto/Kadispenum Puspen TNI)

Kasum TNI Laksdya TNI Y Didik Heru Purnomo melakukan inspeksi pasukan. (Foto: detikFoto/Kadispenum Puspen TNI)

Rencana operasi yang dirumuskan harus dapat memvisualisasikan gambaran konsep operasi yang terintegrasi dan terkoordinasi, baik berupa manuver maupun bantuan yang diperlukan, temukan dan inventarisasi berbagai permasalahan yang berhubungan dengan kesiapan personel, materiil serta piranti lunak pada satuan dibawah komando dan kendali operasi PPRC TNI jika dihadapkan kepada tugas yang sebenarnya, berdayakan sumber daya manusia dan manfaatkan sumber dana yang tersedia secara maksimal, sehingga dapat mencapai tujuan dan sasaran geladi dengan efektif dan efisien.

Geladi Mako PPRC TNI dilaksanakan hingga 1 Nopember 2009, diikuti oleh 150 personel terdiri dari 31 personel dari Brigif-17 Linud Kostrad, 33 personel dari Kormar (korps Marinir) dan Korps Pelaut, 32 personel dari Wing-I Paskhas dan 54 personel dari Divisi Infanteri-1 Kostrad.

Puspen/POS KOTA

No comments:

Post a Comment

Post a Comment