Wednesday, September 16, 2009

TNI AL Siapkan Tiga KRI

KRI Teluk Cirebon. (Foto: dispenal)

16 September 2009, Jakarta -- Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan pihaknya menyiagakan tiga kapal perangnya, untuk membantu angkutan laut arus mudik dan arus balik Lebaran 2009.

"Kita sediakan tiga kapal perang kita, antara lain di wilayah barat untuk Lampung dan Belitung, dan di timur untuk rute ke Bali," kata Tedjo di Jakarta, Selasa (15/9). Tiga kapal perang yang disediakan TNI AL itu, masing-masing KRI Teluk Cirebon yang berasal dari Komando Armada RI Kawasan Barat, KRI Surabaya berasal dari Komando Armada RI Kawasan Timur, dan KRI Teluk Hading dari Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

"Ketiga kapal yang disediakan itu antara lain jenis Landing Ship Tank (LST) dan Landing Platform Dock (LPD), yang dapat memuat banyak penumpang," kata KSAL.

Tedjo menambahkan, penyediaan kapal perang bagi kelancaran angkutan selama Lebaran itu telah dikoordinasikan bersama Departemen Perhubungan. "Jadi, sudah ada permintaan dari pemerintah daerah dan kemudian lanjut kepada Departemen Perhubungan yang langsung disampaikan ke Mabes TNI," ungkapnya.

Jadi, tambah dia, meski pihaknya telah menyiagakan tiga kapal perang tersebut maka pergerakannya tetap harus ada ijin dari Panglima TNI. Tentang jaminan keselamatan, Kepala Staf Angkatan Laut menjamin kondisi kapal-kapal TNI Angkatan Laut, termasuk kapal yang disiagakan untuk membantu angkutan Lebaran itu, dalam kondisi prima dan siap digunakan. Bantuan kapal perang yang diberikan TNI AL untuk mengangkut para pemudik itu bukan yang pertama kali dilakukan.

MEDIA INDONESIA

No comments:

Post a Comment

Post a Comment