Tuesday, September 15, 2009

Rusia Putuskan Pembelian LHD Kelas Mistral Oktober

LHD FNS Mistral. (Foto: DID)

15 September 2009 -- Diskusi teknis antara Rusia dan Perancis terkait pembelian kapal amphibi pengangkut helikopter kelas Mistral diharapkan selesai akhir September. Hasil diskusi akan dilaporkan ke komisi industri militer Rusia untuk dipelajari kelayakan pembeliannya, ungkap sebuah sumber yang dekat dengan proses negosiasi, Selasa (15/9).

Sumber tersebut membantah laporan media, bahwa Rusia mempertimbangkan alternatif pembelian kapal perang dengan tipe yang sama dari negara lain, termasuk dari Belanda dan Spanyol. Meskipun kedua negara tersebut juga membuat kapal dengan kelas yang sama.

Ditambahkannya rombongan pejabat Angkatan Laut Rusia telah meninjau sebuah kapal kelas Mistral di pangkalan AL Perancis di Toulon. Para pejabat melihat interior kapal dan disediakan data teknis.

Kapal kelas Mistral dapat membawa 16 helikopter (NH90, Tiger, dll), 4 kapal pendarat, 70 kendaraan termasuk 13 Main Battle Tank (MBT) serta 450 prajurit. Kapal dilengkapi rumah sakit dengan 69 tempat tidur dan dapat digunakan sebagai kapal komando amphibi.

Kapal berbobot 21.300 ton, panjang 199 meter dan lebar 32 meter, kecepatan maksimal 19 knot, diawaki 176 orang.

Harga satu unit kapal dapat mencapai antara 300 dan 400 juta euro (430 - 580 juta dolar).

Pembelian ini menimbulkan pertanyaan dikalangan ahli militer Rusia ditinjau dari sisi keuangan dan militer.

RIA Novosti
/@beritahankam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment