Friday, July 10, 2009

SAAB Gripen Masih Bertahan di MMRCA

Saab Gripen. (Foto: military-aircraft.org.uk)

10 Juli 2009 -- Pabrik pesawat Saab menolak berita harian Jerussalem Post, Saab telah tersingkir dari kompetisi Medium Multi-Role Combat Aircraft (MMRCA) India bernilai 10 milyar dolar.

Harian Jerussalem Post memberitakan Amerika Serikat menolak Israel mengirimkan radar Active Electronically Scanned Array (AESA) untuk digunakan pada pesawat tempur Saab Gripen. Pentagon menekan Israel Aerospace Industries (IAI) menarik diri dari kerjasama dengan Saab terkait teknologi Amerika yang digunakan Israel, dimana dapat diintegrasikan dengan pesawat tempur Gripen NG (Next Generation). Pesawat tempur ini ditawarkan ke India dan berkompetisi dengan pesawat tempur buatan Amerika Serikat Lockheed Martin F-16IN Super Viper dan Boeing F-18 E/F.

Tidak hubungan antara Saab dan IAI dalam AESA, Saab melakukan kerjasama dengan Selex Galileo salah satu perusahaan dari grup Finmeccanica Italia. Kerjasama meliputi pengembangan radar baru berbasis teknologi Selex AESA Vixen dan PS-05/A, menurut juru bicara Saab.

Peserta kompetisi MMRCA yang masih bertahan Mikoyan MiG-35, Eurofighter Typhoon, SAAB Gripen NG, Boeing F-18 E/F, Lockheed Martin F-16IN Super Virage. Sedangkan pesawat tempur buatan Perancis Rafale telah tersingkir.

Defense News/@beritahankam

1 comment:

  1. JAS 39 Gripen..Pesawat multi role yang bertubuh langsing ! keren, walaupun dalam tahap pengembangan nya terjadi banyak kegagalan..seep gan!

    ReplyDelete