Wednesday, July 8, 2009

Latihan Rajawali Perkasa 2009

Komandan Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI Boy Syahril Qamar., SE. menyematkan tanda peserta latihan kepada perwakilan peserta dari Komando Latihan dan Pelaku. (Foto : Pentak Halim P)

8 Juli 2009, Jakarta -- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI Boy Syahril Qamar. S.E secara resmi membuka Latihan Satuan “ Rajawali Perkasa 2009 “di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/7 ). Ditandai dengan suara demtuman TNT dan rentetan senjata, dilanjutkan penyematan tanda peserta latihan oleh Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI Boy Syahril Qamar, SE kepada perwakilan masing-masing Komando Latihan dan pelaku latihan.

Latihan “Rajawali Perkasa 2009 “ ini dilaksanakan selama tiga hari dimulai dari tanggal 8 Juli 2009 sampai dengan tanggal 10 Juli 2009. Gladi posko dilaksanakan di Lanud Halim Perdanakusuma selama satu hari dan manuver lapangan tanggal 9 dan 10 di Lanud Halim Perdanakusuma dan di Lanud Suryadarma, Klijati, Subang, Jawa Barat.

Komandan Lanud Halim Perdanakusma Marsma TNI Boy Syahril Qamar. S.E dalam sambutannya menjelaskan latihan ini merupakan latihan puncak dari kegiatan Lanud Halim Perdanakusuma. Latihan yang terdiri dari perencanaan, gladi posko dan gladi lapang yang melibatkan personel, alut sista, fasilitas dan sarana pendukung untuk menguji kesiapan pelaku dan satuan jajaran sehingga diharapkan mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan fungsinya dalam pelaksanaan tugas operasi, selain itu juga dapat digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan yang dilakukan oleh satuan – satuan khususnya dalam upaya menggerakan kemampuan untuk menghadapi berbagai kontijensi yang mungkin timbul sewaktu – waktu.

Maksud dan tujuan latihan ini untuk memelihara serta meningkatkan kesiapan operasional Lanud Halim Perdanakusuma sebagai satuan pelaksana operasi dari Komando Operasi TNI Angkatan Udara I ( Koopsau I ) yang dititik beratkan pada pelaksanaan tugas – tugas Lanud Halim Perdanakusuma, namun perlu diingat perlibatan kekuatan tidak akan menghasilkan out put yang diinginkan apabila tidak diimbangi dengan kesungguhan dari seluruh peserta latihan untuk mengerjakan tugas masing – masing sebagaimana digariskan didalam rencana latihan. Diharapkan “ Dengan Latihan Rajawali Perkasa 2009 Lanud halim Perdanakusuma siap melaksanakan dan mendukung operasi udara dalam rangka menghadapi tugas – tugas dimasa mendatang, “imbuhnya”.

Sasaran Latihan yakni tercapainya kemampuan operasi udara sesuai fungsi masing – masing dari Skadron Udara 2, Skadron Udara17 dan Skadron Udara 31, selain itu tercapainya kemampuan pembinaan pemeliharaan alut sista beserta komponen – komponen dari Skadron Teknik 021 serta tercapainya kesiapan satuan dalam melaksanakan pengamanan pertahanan pangkalan. Sedangkan pelajaran yang dikembangkan adalah penerapan prosedur tetap yang ada di Lanud Halim Perdanakusuma dan pengembangan taktik dan teknik operasi udara oleh setiap unsure serta macam, metode dan sifat latihan antara lain dinamika lapangan dengan mengerahkan pasukan, latihan geladi posko dan manuver lapangan dan sifat dua tingkat, satu pihak dikendalikan. Peserta latihan melibatkan Skadron Udara 2, 17, 31, Skatek 021, Wing 1 Paskhas, unsur Pangkalan dan Perbekud.

PENTAK LANUD HALIM P.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment