Saturday, June 27, 2009

Penyelam Dislambair Berhasil Angkat “Bom Udara”

Nampak salah seorang penyelam Dislambair Koarmatim meloncat ke laut dengan menggunakan alat MK-21.

26 Juni 2009, Surabaya -- Surabaya, 26 Juni 2009 Tim penyelam dari Dinas Penyelaman Bawah Air Komando Armada RI Kawasan Timur (Dislambair Koarmatim) berhasil mengangkat “bom udara” pada kedalaman 20 meter di perairan Pasir Putih Situbondo, Kamis (25/6).

Pagi itu, dua tim penyelam melaksanakan pencarian bom udara yang posisi kordinat dan areanya sudah diketahui dengan bantuan alat Bantu GPS, Dept Scan dan Sonar portable pada kedalaman air sekitar 20 meter. Setelah sonar portable mengidentifikasi benda yang dicari (diperkirakan bom udara), selanjutnya 2 orang penyelam turun menggunakan alsel scuba dan aga divator untuk melakukan survey bawah air. Setelah yakin benda tersebut adalah bom udara, kemudian dilaksanakan pengangkatan dengan menggunakan lifting back. Kronologis kejadian tersebut diatas adalah salah satu bagian materi latihan yang digelar oleh Dislambair di perairan Pasir Putih Situbondo.

Materi latihan lainnya, yaitu memotret dibawah air dan pencarian benda tenggelam serta pengangkatan dengan balon udara pada kedalaman 15 meter. Latihan yang melibatkan 67 personel dan berlangsung selama 17 hari dimulai 8 hingga 25 Juni tersebut, juga melaksanakan serangkaian latihan kedaruratan di kedalaman 20 meter dengan problem suplay udara dari permukaan macet, bongkar pasang plendes pada kedalaman 30 meter, praktek penyambungan/ pengelasan pipa, penyelaman dengan menggunakan alat MK-21, praktek stasiun dekompresi, manuver perahu karet, renang sejauh 3.500 meter, penyelaman dalam di kedalaman 45 meter serta latihan menembak pistol.

“Kegiatan ini tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan para personel penyelam Dislambair Koarmatim, agar menjadi lebih siap mental, fisik dan skill dalam melaksanakan operasi penyelaman,”kata Kepala Dislambair Koarmatim Kolonel Laut (S) Darmasyah disela-sela memberikan pengarahan anggotanya sebelum melaksanakan latihan di Pasir Putih.

penarmatim

No comments:

Post a Comment

Post a Comment