Saturday, June 27, 2009

Lanud Pekanbaru Gelar Bido Gesit 2009


26 Juni 2009, Pekanbaru -- Pada hari Rabu (24/6) Lanud Pekanbaru melaksanakan Latihan Bido Gesit 2009, latihan di buka secara resmi oleh Komandan Lanud Pekanbaru Kolonel Pnb Dody Trisunu yang bertempat di Apron Base Ops Lanud Pekanbaru dengan Sandi “ Bido Gesit 2009”. Sebagai Komandan Upacara Kapten Pnb Heri Setiawan dan Perwira Upacara Letda Kal Wawan Julianto.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Pekanbaru Kolonel Pnb Dosy Trisunu menyampaikan tujuan latihan bido gesit ini untuk meningkatkan profesionalisme personel lanud pekanbaru sebagai bekal dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepada kita baik dimasa sekarang maupun dimasa yang akan datang. Latihan ini di gelar selama 2 hari mulai tanggal 24 s/d 25, bertindak sebagai Direktur Latihan adalah Letkol Tek Ir. Tedi Rizalihadi. Dalam latihan ini melibatkan Personil berjumlah 355 Orang yang terdiri dari personil Lanud Pekanbaru dan Batalyon 462 Paskhas.

Dalam skenario hari pertama Latihan ini untuk menguji kemampuan Operasi Pertahanan Pangkalan yang terjadi serangan Udara musuh ke Lanud Pekanbaru yang diasumsikan sebagai serangan balik musuh, serta kemampuan Pertahanan Pangkalan Vertikal dan Horizontal oleh Paskhas yang di kombinasikan dengan Operasi Dukungan Udara yang berupa Operasi Bantuan Tembakan Udara. Pada rangkaian kegiatan ini akan di uji pula kemampuan Operasi Dukungan Udara berupa menguji kesiapan Crash Team Dukops Lanud Pekanbaru maupun Skadron Udara 12 beserta Rumkit Lanud Pekanbaru dan kesiapan dalam penanggulangan kebakaran.

Latihan pada hari kedua Kamis (25/6) telah dilaksanakan latihan force down. Dalam latihan tersebut menguji kemampuan Pertahanan Udara dengan terjadi proses pemaksaan mendarat (force down) dan pengujian kemampuan pertahanan vertical dan horizontal dalam latihan force down diasumsikan telah dilakukan pemaksaan mendarat pesawat musuh ke Lanud Pekanbaru yang di lanjutkan dengan penanganan dilaksanakannya introgasi oleh Intel, Polisi Militer dan Perwira Hukum Lanud Pekanbaru. Dalam skenario latihan disimulasikan Pesawat Hawk 200 yang dipiloti oleh Lettu Pnb Fardinal Umar yang dianggap sebagai pesawat musuh yang melakukan pengintaian di sekitar wilayah Riau berhasil dipaksa untuk mendarat di Lanud Pekanbaru oleh pesawat tempur Hawk 100/200 Skadron udara 12. Setelah mendarat di Lanud Pekanbaru, penerbangnya dapat ditawan, akan tetapi ketika akan ditawan penerbangnya mencoba melawan dengan terpaksa dilumpuhkan dengan cara ditembak kakinya kemudian Tim Kesehatan memberikan pertolongan medis. Setelah itu pilot langsung diinterogasi/diperiksa oleh Polisi Militer, Intel dan Perwira Hukum Lanud Pekanbaru.

Komandan Lanud Pekanbaru Kolonel Pnb Dody Trisunu secara resmi menutup Latihan Bido Gesit 2009 pada hari Kamis (25/6) yang bertempat di Base Ops Lanud Pekanbaru. Dalam sambutannya komandan menyampaikan Latihan Bido Gesit 2009 telah terlaksana dengan lancar dan aman sesuai rencana. Secara umum saya nilai hasil yang didapat dari latihan ini cukup baik meskipun masih terdapat beberapa kekurangan baik dari aspek kemampuan personel maupun sarana serta prasarana latihan. Hasil latihan harus di evaluasi untuk menutup kekurangan-kekurangan yang terjadi sehingga latihan yang akan diadakan tahun depan akan berjalan lebih baik lagi, sehingga hasil yang diperoleh dalam latihan mampu menjawab setiap tantangan tugas yang kita hadapi.

Pentak Lanud Pekanbaru

No comments:

Post a Comment

Post a Comment