Friday, June 26, 2009

Koarmatim Gelar Latihan Penanggulangan Teror

Komado Pasukan Katak (Kopaska) melakukan latihan penyergapan teroris di kawasan Tambak Wedi, Surabaya. (Foto: detikFoto/Zainal Effendi)

26 Juni 2009, Surabaya -- Satuan Pasukan Katak Komando Armada RI Kawasan Timur (Satpaskaarmatim) dalam waktu dekat mulai Senin (29/6) depan, akan menggelar latihan penanggulangan teror. Kegiatan latihan yang direncanakan berlangsung 10 hari itu, melibatkan 21 prajurit Satpaskaarmatim dan dua kendaraan tempur air Sea Rider serta empat perahu karet.

Materi latihan yang diberikan meliputi, ship boarding, ship movement, CQC (closed quarter combat), psisoner handing, fast rope, air craf movement (penguasaan pesawat udara), ship craf movement (penguasaan kapal laut), penguasaan sea rider, dan markman ship. Adapun macam latihan yang dilaksanakan, yaitu latihan teknis dan taktis di lapangan, baik perorangan maupun dilakukan dalam bentuk tim.

Para personel pasukan katak ini diturunkan menggunakan helikopter di sebuah perahu karet di tengah laut. (Foto: fotoDetik/Zainal Effendi)

Latihan yang dilaksanakan di sekitar basis Makoarmatim, Bandara Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak itu, bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit Satpaska Koarmatim khususnya dalam melaksanakan operasi penanggulangan teror yang terjadi baik di laut, maupun di darat (Bandara umum).

“Selesainya latihan ini diharapkan setiap prajurit Pasukan Katak Koarmatim mampu melaksanakan operasi penanggulangan teror yang terjadi di laut maupun di darat, dengan unit kecil ataupun besar guna mendukung operasi militer yang lebih besar,”kata Komandan Satpaska Koarmatim Kolonel Laut (P) Yulius Bustani selaku Papelat dalam latihan tersebut.

TNI

No comments:

Post a Comment