Thursday, June 18, 2009

Kapal Selam RSS Archer

RSS Archer di galangan kapal Kockums. (Foto: Kockums)

18 Juni 2009 -- Terbayar sudah pelatihan dan kerja keras selama dua tahun dari 28 awak kapal selam Angkatan Laut Singapura (RSN/Republic of Singapore Navy), dengan perasaan bangga mereka menjadi saksi diluncurkannya kapal selam baru mereka RSS Archer di galangan kapal Kockums di Karlsrona, Swedia, Selasa (16/6).

Kapal selam ini merupakan yang pertama dari dua kapal selam bekas pakai Angkatan Laut Swedia kelas Västergötland. Departemen Pertahanan Singapura dan Kockums bagian dari ThyssenKrupp Marine Systems menandatangani kontrak pembelian dua kapal selam kelas Vastergotland pada 4 November 2005. Saat itu kedua kapal tersebut masih bertugas di jajaran AL Swedia, HMS Västergötland dan HMS Helsingland.


Kontrak tersebut meliputi modernisasi dan penyesuaian kondisi iklim operasional kapal selam di perairan tropis. Selain itu paket logistik dan pelatihan bagi para awak kapal selam. Pelatihan dilakukan oleh AL Swedia di Karlskrona, pelatihan seperti ini pernah dilakukan oleh kedua angkatan laut saat pembelian kapal selam sebelumnya. Singapore Technologies Marine Ltd (ST Marine), divisi dari Singapore Technologies Engineering Ltd (ST Engineering) telah menandatangani nota kesepahaman dengan Kockums di IMDEX ASIA 2009, Rabu (13/5). Kedua perusahaan akan membentuk sebuah perusahaan bersama, yang akan mendukung masalah teknis dan perawatan dari kapal selam tersebut.



Kockums mempunyai kantor di Singapura, telah mengirimkan empat kapal selam kelas Sjöormen (Sea Serpent), empat kapal penyapu ranjau kelas Landsort dan sistem penyapu ranjau ke RSN sejak tahun 1991.

Kapal selam kelas Västergötland pertama kali diperkenalkan oleh AL Swedia pada 1987, ditujukan mengemban misi penyerangan di lingkungan perairan yang dingin laut Baltik. AL Swedia mengakuisisi empat kapal selam dari kelas ini antara tahun 1987 dan 1990. HMS Västergötland diluncurkan 19 Juli 1986 dan bertugas 27 November 1987, HMS Helsingland (31 Agustus 1987/20 Oktober 1988), HMS Södermanland (12 April 1988/21 April 1989) dan Östergötland (9 Desember 1988). Kedua kapal selam terakhir diremajakan menjadi kelas Södermanland 2003 – 2004 dan masih aktif bertugas di AL Swedia.

Kapal selam Archer didisain oleh perusahaan Swedia, Kockums AB, berlunas tunggal, dobel kompartemen, kapal selam optimum meredam suara dan gelombang magnetik. Kapal selam dilengkapi sistem Air Independent Propulsion (AIP), membuat kapal selam mampu menyelam lebih lama dan menghasilkan bunyi lebih senyap. Hal ini menjadikan kapal selam mempunyai kemampuan siluman.

Spesifikasi
Panjang: 60,5 meter
Lebar: 6,1 meter
Tinggi: 11,8 meter
Bobot: 1400 ton (dipermukaan), 1500 ton (saat menyelam)
Persenjataan: 9 torpedo
Sistem: Aktif dan passif sonar, sistem kontrol komando dan senjata, AIP, sistem navigasi terintegrasi
Awak: 28 orang

berbagai sumber @beritahankam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment