Monday, June 15, 2009

Kapal Perang Australia Merapat di Surabaya

HMAS Manoora. (Foto: RAN)

15 Juli 2009, Surabaya -- Kapal perang Australia, HMAS Manoora (L-52) dijadwalkan akan merapat di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Selasa (16/6).

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Letkol Laut TNI Toni Syaiful, di Surabaya, Senin, mengatakan, kedatangan kapal perang Australia itu untuk mengikuti latihan bersama dengan Koarmatim yang diberi sandi "New Horizon Exercise-09".

"Kapal perang jenis Landing Platform Amphibious Ship ini direncanakan akan merapat di Dermaga Jamrud Utara pada pukul 08.00 WIB," katanya.

Kapal dengan ukuran panjang 159,2 meter, lebar 21,2 meter, dan berbobot mati 8.534 ton tersebut berada di Surabaya hingga 22 Juni 2009.

Ada beberapa fase latihan, di antaranya fase pertama berada di pangkalan Koarmatim dengan materi latihan communications, enginneering, "cargo handling", "medical", "damage control", "boarding VBSS", dan "hello operation procedures".

"Dilanjutkan fase kedua pada tanggal 22 Juni 2009. Kapal HMAS Manoora akan bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak menuju Laut Jawa untuk melakukan manuver lapangan sebagai penerapan latihan yang telah dilaksanakan di pangkalan," katanya.

Toni menjelaskan, pada manuver lapangan ini, TNI Angkatan Laut dari jajaran Koarmatim mengerahkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Surabaya-591.

"Jenis kapal ini adalah 'Landing Platform Dock' yang hampir sama dengan kapal perang milik Australia," katanya.

Sementara itu, Komandan Satgas "New Horizon Exercise-09", Kolonel Laut (P) Budi Djatmiko, menambahkan, latihan ini bertujuan untuk mempererat hubungan dan kerja sama yang saling menguntungkan antara TNI AL dan AL Australia.

"Latihan ini juga untuk melatih prosedur koordinasi dan memupuk persahabatan dan kesepemahaman, sekaligus meningkatkan profesionalisme masing-masing prajurit," kata pria yang sehari-hari menjadi Komandan KRI Karel Satsuit Tubun-356 itu.

Menurut Budi, selama bersandar di Surabaya, komandan kapal perang Australia itu didampingi Atase Pertahanan Australia dan akan melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Panglima Koarmatim, Laksamana Muda TNI Lili Supramono dan Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya, Laksamana Pertama TNI Arief Rudianto.

ANTARA JATIM

No comments:

Post a Comment

Post a Comment