Friday, April 3, 2009

Gubernur AAL Lepas Kadet ke Luar Negeri


3 April 2009, Surabaya -- Gubernur Akademi TNI AL (AAL) Laksda TNI Moch. Jurianto di Surabaya, Jumat, melepas keberangkatan kadet yang akan melaksanakan latihan pelayaran ke luar negeri.

Kadet yang tergabung dalam satuan tugas (satgas) bersandi Jala Yudha itu terdiri atas 59 orang korps Pelaut, 53 korps Teknik, 18 korps Elektronika, 24 korps Suplay, 42 korps Marinir, dan masing-masing satu orang perwakilan dari Akademi Militer (Akmil) dan Akademi TNI AU (AAU).

Satgas yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Dores A. Ardi itu berlayar menggunakan dua Kapal Perang RI (KRI), yakni KRI Ki Hajar Dewantara–364 dan KRI Teluk Ende–517 dengan rute Surabaya, Batam, Brunei Darussalam, Kinabalu (Malaysia), Bitung, Makassar dan kembali ke pangkalan Surabaya.

Gubernur AAL mengatakan, kegiatan pelayaran itu dimaksudkan untuk memberikan bekal dan pengetahuan serta kecakapan dasar operasi laut sesuai dengan pelajaran profesi yang telah diterima masing-masing kadet.

Menurut dia, para kadet bisa mendalami tugas dan profesinya sesuai korps dalam pengoperasian sistem yang ada di KRI, seperti sistem sensor, sistem penggerak pokok, elektronika, administrasi dan pembekalan, taktik dan teknik operasi laut serta pendaratan amfibi.

"Latihan ini juga merupakan sarana untuk membuka cakrawala pandang bagi para kadet di dalam mengenal dan mengetahui secara langsung keanekaragaman adat-istiadat dan budaya masyarakat Indonesia dan negara tetangga, melalui berbagai kegiatan selama berlabuh," katanya.

Selama berlabuh, para kadet akan melakukan kirab, promosi dan publikasi tentang AAL serta interaksi langsung dengan masyarakat. Latihan ini juga untuk memberikan pengalaman kepada para kadet tentang kehidupan di laut yang nantinya akan menjadi medan juang bagi para prajurit matra laut.

"Dengan pengalaman ini, diharapkan dapat membangkitkan rasa cinta laut sebagai modal dasar prajurit-prajurit bahari yang tangguh. Kalian patut berbangga dan bersyukur atas kesempatan melaksanakan tugas pelayaran ini, karena kalian akan memperoleh bekal yang sangat berharga untuk masa depan," katanya.

Ia meminta agar para kadet memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk membina mental kepribadian, kesamaptaan jasmani dan mendalami pengetahuan profesi," ujarnya. (AntaraJatim)

No comments:

Post a Comment