Thursday, April 2, 2009

95 Perwira Koarmatim Berlatih Simulasi Pertempuran Laut


2 April 2009, Surabaya -- Sebanyak 95 perwira korps pelaut Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) mulai pangkat pewira pertama hingga Pamen mengikuti simulasi teknis dan taktik dalam aplikasi pertempuran laut di Cubicie ASTT Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata (Puslatlekdalsen) Kobangdikal, Surabaya, Rabu (1/4). Kegiatan tersebut dihadiri Komandan Komando Latihan Koarmatim (Kolatarmatim) Kolonel Laut (P) Didik Wahyudi, SE.

Maksud dan tujuan dilaksanakan latihan ini, memberikan penyegaran dengan metoda praktek gabungan dalam mengaplikasikan Kerja sama taktis, manover taktis, prosedur komunikasi taktis, raid reporting, gunnery exercise dan pertempuran laut.

Seusai mengikuti pelatihan ini para perwira diharapkan mampu melaksanakan kerjasama taktis antar unsure dengan baik. Mampu melaksanakan manover taktis dalam pertempuran laut, mampu memahami dalam melaksanakan prosedur komunikasi taktis dengan tepat dan cepat serta mampu mengemban tugas-tugas sebagai OCS dan OTC.

Latihan berlangsung selama 2 hari, dengan materi latihan meliputi lepas sandar dermaga dan melewati alur sempit. Mainfield transit (melewati alur terobos medan ranjau) dan manover taktis serta pertempuran laut. Pada akhir seluruh rangkaian latihan tersebut dibentuk dalam suatu gugus tugas untuk menghadapi pertempuran yang multi threat, yaitu berbagai dimensi ancaman seperti atas air, permukaan, bawah air dan peperangan elektronika. (TNI AL)

No comments:

Post a Comment