Tuesday, March 31, 2009

Indobatt Terima Mendali Kehornatan



31 Maret 2009, Lebanon -- Kontingen Garuda XXIII-C/UNIFIL yang telah betugas selama 4 bulan di Lebanon Selatan mendapatkan penghargaan dari Komandan Sektor Timur Unifil, karena selama berada di bawah komando Brigadir Jenderal Alberto Asarta Cuevas, Indobatt telah menjalankan tugas dengan sangat baik dan penuh dedikasi yang tinggi. Hal ini terlihat dari situasi keamanan di wilayah tanggungjawab (area of responsibility) Satgas Yonif Mekanis TNI Konga XXIII-C yang tetap terjaga dan semakin kondusif.

Selama 4 bulan penugasan, wilayah operasi Indobatt yang mencakup 13 desa di Lebanon Selatan mulai dari Al Qusayr hingga Tallusah tidak terjadi gangguan keamanan termasuk aksi peluncuran roket yang sering dilakukan oleh kelompok bersenjata untuk memprovokasi pihak Israel maupun Hizbollah yang dapat menciptakan ketegangan di wilayah operasi UNIFIL. Profesionalisme prajurit TNI yang tergabung dalam Konga XXIII-C tidak hanya terlihat dalam pengamanan wilayah operasinya saja, dalam pelaksanaan Battalion Full Deployment Operation atau operasi gelar penempatan pasukan secara maksimal yang baru saja diselenggarakan oleh UNIFIL, Indobatt mampu menggelar pasukannya dengan maksimal sesuai perintah operasi yang diberikan dari Unifil HQ.

Atas berbagai pertimbangan itulah, Brigjen Asarta Cuevas selaku Komandan Sektor Timur UNIFIL memberikan penghargaan berupa medali kehormatan dari Kontingen Spanyol yang langsung disematkan kepada Dansatgas Konga XXIII-C/UNIFIL, Letnan Kolonel Inf Raden Haryono di ruang kerja Komandan Sektor Timur Unifil, Marjayoun, Senin (30/3). Angkatan Bersenjata Spanyol dalam mengirimkan pasukannya di Lebanon Selatan melaksanakan rotasi pasukan setiap 4 bulan sekali, hal ini berbeda dengan Kontingen Indonesia yang merotasi pasukannya setelah bertugas selama 1 tahun. Kontingen Spanyol di bawah komando Brigjen Asarta selama penugasan 4 bulan di Lebanon Selatan tercatat tidak ada korban jiwa atau zero casualities, berbeda dengan brigade-brigade sebelumnya yang masih terdapat korban jiwa.

Dalam acara penyematan medali tersebut jenderal yang murah senyum dan akrab dengan Dansatgas Konga XXIII-C mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kontingen Indonesia yang telah memberikan kontribusinya dalam menjaga wilayah operasi Unifil, khususnya di Sektor Timur dengan maksimal. Dalam waktu dekat Kontingen Spanyol akan melaksanakan Transfer of Authority (TOA)/serah terima kewenangan kepada kontingen yang baru. Meskipun baru 4 bulan bertugas sebagai peace keeper, Kontingen Spanyol juga telah mendapatkan medali dari UN yang disematkan oleh Force Commander, Mayjen Claudio Graziano dalam sebuah acara Medale Parade. (TNI AD)

No comments:

Post a Comment