Monday, February 16, 2009

Ratusan Marinir Latihan Pratugas Ambalat


16 Februari 2009, Surabaya - Ratusan anggota Marinir mengikuti latihan pratugas untuk pengamanan wilayah Ambalat, Sorong dan pulau-pulau terluar yang dibuka oleh Komandan Brigade Infanteri (Brigif)-1, Kolonel Marinir Yuniar Ludfi di Surabaya, Senin.

Latihan yang dilaksanakan di daerah Surabaya, Sidoarjo dan Grati, Kabupaten Pasuruan mulai 16 Pebruari hingga 8 Maret 2009, diikuti oleh 130 personel Satgas Ambalat IX, 100 personel Satgas Sorong VIII dan 81 personel Satgas Pulau Terluar VII.

Mereka mengikuti latihan dengan materi, antara lain, mengenai kondisi geografi dan demograsi daerah penugasan, pengetahuan agama, adat istiadat dan bahasa daerah, pengetahuan hukum HAM dan humaniter, situasi keamanan terakhir di daerah penugasan serta kepemimpinan lapangan.

Materi lainnya adalah, intelijen tempur, membaca peta, kompas, P3K, teknik dan taktik navigasi, bertahan hidup di hutan dan laut, patroli, pemeriksaan kapal, prosedur komunikasi, menembak, amfibi, SAR laut dan renang laut.

Komandan Birigif-1 Marinir dalam sambutannya mengatakan, latihan pratugas ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel yang tergabung dalam satgas yang akan mengamankan perbatasan wilayah laut Indonesia .

"Kalian adalah prajurit terpilih untuk menjadi anggota satgas ini. Karena itu, gunakanlah kesempatan latihan ini sebaik-baiknya agar pada saat penugasan nanti dapat berhasil dengan baik demi keutuhan NKRI," katanya.

Ia juga berharap agar latihan ini berlangsung dengan baik atau sesuai rencana sehingga tidak ada kecelakaan.

"Optimalkan segala kemampuan, budayakan kerja keras dan berfikir cerdas agar mampu melaksanakan tugas dengan baik. Selain itu, jaga dan mantapkan rasa kebersamaan serta jaga kondisi kesehatan selama mengikuti latihan," katanya.

Pembukaan latihan itu dihadiri Komandan Yonif-1, Mayor Marinir Guslin, Komandan Yonif-3, Letkol Marinir Hadimo, Komandan Yonif-5, Letkol Marinir Firman Johan, Komandan Kompi Markas Brigif-1, Mayor Marinir Nandi Gunapria dan seluruh perwira di jajaran Brigif-1. (antarajatim.com)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment