Wednesday, February 18, 2009

KSAL: KRI Kupang Masih Layak Operasi

17 Februari 2009, Surabaya -- Kepala Staf TNI AL (KSAL), Laksamana TNI Tedjo Edhi Purdijatno menegaskan bahwa KRI Kupang-582 yang nyaris tenggelam akibat hantaman ombak masih layak untuk dioperasikan kembali.

"Kapal itu masih bisa dioperasikan kembali setelah berhasil diangkat," katanya kepada wartawan seusai acara peresmian pengalihan pembinaan satuan-satuan di penerbangan TNI AL di Surabaya, Rabu.

KSAL mengemukakan, personel dari jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) kini masih terus berupaya mengangkat kapal yang dikandaskan di Desa Martadesa, Kecamatan Pasarean, Bangkalan, Madura itu.

"Proses pengangkatan itu memang membutuhkan waktu lama karena kapal tersebut beratnya ratusan ton. Kapal tersebut saat kejadian sedang menjalankan tugas mulia untuk menyelamatkan nelayan yang perahunya tenggelam," kata laksamana berbintang empat itu.

Sebelumnya Koarmatim mengerahkan masing-masing satu tim pasukan penyelam dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) untuk memompa ruang kosong dan memasukkan sejumlah drum ke dalam kapal agar terangkat. (edit @antarajatim.com)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment