Tuesday, February 17, 2009

Kemampuan Siluman Dapat Membawa Bencana

HMS Vanguard

17 Februari 2009 -- Kemampuan siluman dari kapal selam nuklir Perancis Le Triomphant dan Inggris HMS Vanguard diduga penyebab insiden tabrakan kedua kapal selam tersebut di laut Atlantik saat melakukan patroli rutin di awal bulan ini ujar sumber di kementrian pertahanan Perancis (16/1). Dimana kedua kapal selam tersebut tidak pernah memberi peringatan akan bertubrukan antara keduanya.

Insiden tak terduga seperti ini dimungkin dapat terjadi pada kapal perang modern, dimana tak dapat dilacak dan mempunyai tingkat kebisingan lebih rendah dari seekor udang diungkapkan Menteri Pertahanan Perancis Herve Morin di televisi Canal Plus.

Le Triomphant

Morin mengatakan Perancis dan Inggris dapat berbicara dan berdiskusi mengenai daerah operasi masing-masing guna menghindari terulangnya insiden ini.

Le Triomphant kembali Brest setelah terjadi insiden sedangkan Vanguard melanjutkan patroli tetapi kemudian kembali ke Scotland untuk diperbaiki.

Kedua kapal selam ini mampu dilengkapi hingga 48 hulu ledak nuklir dengan 16 rudal balistik antar benua (ICBM). (KUNA/beritahankam.blogspot.com)

No comments:

Post a Comment