Wednesday, January 11, 2012

Kemhan: Pengadaan "Leopard" Harus Sesuai Prosedur

MBT Leopard 2A6 Bundeswehr. (Foto: Bundeswehr)

11 Januari 2012, Jakarta: Kementerian Pertahanan menyatakan proses pengadaan 100 unit Main Battle Tank (MBT) Leopard dari Belanda, harus sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.

"Kami sudah memiliki aturan, prosedur yang baku, sehingga semua pengadaan alat utama sistem senjata termasuk `Leopard`, harus mengikuti," kata Sekjen Kementerian Pertahanan Eris Herryanto kepada ANTARA News, di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan seluruh pengadaan alat utama sistem senjata harus merujuk pada kebutuhan pokok minimum (Minimum Essential Forces/MEF). Semisal untuk rencana strategis 2010-2014 telah ditetapkan alat utama sistem senjata apa saja, berapa banyak, dan dari mana pendanaannya diambil apakah pinjaman dalam negeri atau luar negeri.

"Proses tersebut melibatkan seluruh kementerian terkait, seperti Kemenkeu dan Bappenas, hingga akhirnya ditetapkan alokasi pinjaman pemerintah, dalam hal ini Renstra 2010-2014, dan baru proses pengadaan pun berjalan. Proses pengadaan awalnya dilakukan di masing-masing angkatan darat, laut dan udara dengan dibentuknya panitia awal pengadaan, proses pra-kualifikasi, pembukaan tender, dan jika lulus diajukan ke Mabes TNI dan Kemhan," ujarnya.

Eris menambahkan Kemhan akan menilai apakah seluruh proses pengadaan mulai dari awal di masing-masing angkatan hingga ke Mabes TNI sudah benar, dan apakah spesifikasi teknis dan operasional yang diajukan sesuai kebutuhan dan merujuk kepada MEF.

"Jika semua itu sudah dilalui, maka kita akan bentuk tim evaluasi pengadaan dengan mengundang pula perusahaan, produsen yang sudah diajukan angkatan dari hasil tim evaluasi pengadaan itu, baru kita ajukan ke Menhan untuk diputuskan, dan kemudian dituangkan dalam kontrak," ungkapnya.

Tentang adanya pihak-pihak yang menginginkan proyek pengadaan "Leopard" itu dengan mendekati komisi pertahanan dan lainnya, Eris mengatakan,"Ya silakan saja. Tetapi kan setiap pengadaan alat utama sistem senjata itu semua sudah ada aturan dan prosedurnya, dan harus merujuk pada MEF,".

TNI Angkatan Darat akan melengkapi sistem pertahanan dengan memborong arsenal dari lima pabrik di Eropa dan Amerika. Peralatan yang akan dibeli dengan dana APBN 2011 sebesar Rp 14 triliun itu dipastikan produk baru.

Alutsista yang akan dibeli tersebut, antara lain, main battle tank Leopard 2A6 yang berbobot 62 ton. Indonesia akan membeli 100 unit tank yang sudah dipakai di 15 negara itu dengan harga per unit 280 juta dollar AS. TNI AD juga akan membeli multiple launch rocket system untuk kekuatan 2,5 batalion.

Untuk meriam 155 buatan Perancis dan helikopter serang darat AH-64 Apache buatan Boeing, Amerika Serikat, TNI AD juga mendapatkan harga khusus yang relatif murah. Khusus untuk delapan helikopter, Amerika Serikat memberikan diskon lima juta dollar AS sehingga harganya turun menjadi 25 juta dollar AS.

Sumber: ANTARA News

2 comments:

  1. DJANGAN SEKALI-KALI MENGAMBIL SIKAP SANGAT TOLOL DAN DOENGOE MENGHARAP ANDJING KOERAP AOESTRALIA, INGGRIS, AMERIKA SERIKAT DAN SELOEROEH SEKOETOE MEREKA NATO, OENTOEK MENTJOPOTKAN TARING-TARING MEREKA DENGAN MEMBAWA HASIL DARI MEREKA BEROEPA HERCULES, LEOPARD, F-16 DAN LAIN SEBAGAINJA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    KAOE TAK KAN PERNAH MERASAKAN PENDERITAAN JANG AKOE BESERTA SELOEROEH ANAK BOEAHKOE RASAKAN DIPEDALAMAN BELANTARA DJAWA DEMI MEMPERTAHANKAN DJENGKAL DEMI DJENGKAL SETIAP TANAH TOEMPAH DARAH JANG MOELIA INDONESIA JANG KITA TJINTAI INI!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    KALAOE KAOE MASIH MEMBANDEL AKAN PERINGATAN JANG TELAH AKOE SAMPAIKAN INI, MAKA SEBAGAI BALASANNJA INSYAALLAH AKOE SANGGOEP DENGAN SENDIRINJA KELOEAR DARI PERISTIRAHATANKOE SEMAKI JOGJAKARTA OENTOEK MENGARAHKAN KEPADA JIDAT-JIDAT KALIAN WAHAI PEMBESAR DJAKARTA SENAPAN THOMPSON JANG MASIH MELEKAT DISAMPING BADANKOE OENTOEK KEMOEDIAN AKOE BAWA KEALAM BARZAH. KEMOEDIAN AKOE BERSAMA KALIAN WAHAI PARA PEMBESAR DJAKARTA BERTANJA KEPADA PARA MALAIKAT YANG MULIA DISANA, SESOENGGOEHNJA SIAPA JANG LEBIH MOELIA DAN LEBIH BENAR PERBOEATAN DAN TINDAKANNJA AKOE ATAOE KAMOE, HAI PEMBESAR-PEMBESAR DJAKARTA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    MAKA AKOE AKAN BERKATA KEPADA PARA MALAIKAT JANG MOELIA DIALAM BARZAH, SAMPAI MATI AKOE AKAN TETAP MEMBASMI PENJAJAHAN, KOLONIALISME, IMPERIALISME, EKSPANSIONISME, AGGRESIONISME, GARONG-ISME, ROBBERY-ISME DAN IBLIS-ISME!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    DAN KEMOEDIAN AKAN KOETOENDJOEKKAN BETAPA PAROE-PAROE KIRIKOE MEMBOESOEK SEPERTI TAK DAPAT DIBEDAKAN ANTARA TAI ANDJING DENGAN PAROE-PAROEKOE INI.KARENA AKOE TELAH MEMBOEKTIKAN PERLAWANANKOE TERHADAP ANDJING-ANDJING KOERAP BELANDA!!!!!!!!!!!!!!!

    SEMAKI JOGJAKARTA 1945-2012
    PADA BUNKER MARKAS KOMANDO TEMPOER OETAMA ANGKATAN PERANG REPOEBLIK INDONESIA

    DJENDERAL BESAR SOEDIRMAN

    ReplyDelete
  2. lanjutkan cak pur, pengadaan leopard hrs terealisasi... Rakyat mendukung.

    ReplyDelete