Tuesday, August 17, 2010

Koarmatim Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke 65


17 Agustus 2010, Surabaya -- Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke 65 di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya, Selasa (17/8), bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI Arief Rudianto, SE.

Upacara yang diikuti oleh seluruh prajurit Koarmatim mulai pangkat perwira, bintara, tamtama dan Pegawai Negeri Sipili (PNS) di jajaran Koarmatim itu, dihadiri Komandan Satuan, para Kasatker dan Komandan Unsur Koarmatim. Dalam amanat Kepala Staf Laksamana TNI Agus Suhartono, SE yang dibacakan oleh Irup mengatakan, bulan Agustus bagi bangsa Indonesia merupakan bulan yang paling bersejarah, dimana rangkaian panjang perjuangan dan pengorbanan segenap komponen bangsa, mencapai puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945, dengan diproklamirkannya kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perjuangan yang sarat dengan spirit nasionalisme, patriotisme dan heroisme tersebut, lanjut Kasal, dipenuhi dedikasi dan semangat militansi yang kemudian melahirkan jiwa, semangat serta nilai-nilai juang 1945, dan menjadi landasan perjuangan bagi generasi penerus.

”Oleh sebab itu, tidak ada komitmen yang lebih kuat dan karya yang lebih mulia bagi kita sekalian, kecuali mewarisi, melanjutkan dan mengamalkan tradisi serta nilai-nilai kejuangan para pahlawan pendahulu kita, dengan terus berjuang dan bekerja keras dalam mengisi kemerdekaan yang telah diraih ini,”kata Kasal. Dikatakan Kasal, bahwa dalam waktu dekat untuk kedua kalinya TNI AL akan kembal memberangkatkan satu unsur KRI, yang akan melaksanakan misi pemeliharaan perdamaian di wilayah Timur Tengah.

Pada kesempatan ini, marilah kita bersama-sama mendoakan, agar tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan aman, baik dan lancar, serta mencapai sukses yang dapat mengharumkan nama bangsa di dunia internasional. Hal lain yang juga pernah dilaksanakan oleh TNI AL adalah menjadi salah satu inisiator kegiatan Sail Banda 2010, yang juga dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

”Rangkaian kegiatan ini seirama dengan kegiatan Sail Bunaken yang dilaksanakan tahun lalu, menjadi momentum kebangkitan pengelolaan sumber daya laut yang kita miliki, selain memberikan kesadaran akan sejarah bangsa kita, juga memberi semangat pada generasi muda bangsa untuk mencintai alam bahari dan mendayagunakan kekayaan yang ada di dalamnya. Menurut Kasal, bahwa momentum berharga tersebut, perlu untuk terus dijaga dan ditingkatkan karena sekaligus merupakan implementasi dari cita-cita bangsa Indonesia dalam mengemban misi yang sangat terhormat dan prestisius, dimana TNI AL telah berupaya untuk turut menempatkan diri dalam kancah perjuangan bangsa mengisi kemerdekaan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

Dispenarmatim

No comments:

Post a Comment

Post a Comment