Saturday, June 12, 2010

Uji Tembak Rudal QW-3 di Pacitan

Para pejabat Dephan, Mabes TNI dan para Pejabat TNI Angkatan Udara mengamati Louncer QW-3 usai dilaksanakan uji coba penembakan di Pantai Selatan Kabupaten Pacitan, Jum’at (10/6).

11 Juni 2010, Pacitan -- Uji tembak peluru kendali (rudal) QW-3 dilaksanakan di lapangan tembak Depohar 60, Desa Gesingan, pantai selatan Kabupaten Pacitan, Kamis (10/06), disaksikan para pejabat TNI AU, Dephan, dan Mabes TNI diantaranya Dankoharmatau Marsda TNI Ferdinand, Kadislitbangau Marsma TNI Ir. Basuki Purwanto, Kadislambangjau Marsma TNI M.Z. Djamhari, M.Sc, Kadispenau Masma TNI Bambang Samoedro, S.Sos, Dankorpaskhasau Marsma TNI Harry Budiono dan Danlanud Iswahyudi Marsma TNI Ismono Wijayanto.

Kegiatan uji tembak tersebut dapat berjalan dengan lancar dan berhasil yang ditandai dengan tembakan Rudal mengenai sasaran berupa pesawat Target Drone.

Uji tembak rudal QW-3 dengan sasaran target drone ini dimaksudkan sebagai realisasi dari kegiatan penerimaan barang kontrak dengan tujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana berfungsinya sistem kerja material QW-3 tersebut dan layak digunakan sebagai salah satu alutsista Angkatan Udara, selain itu juga memberikan masukan bagi pimpinan dalam menentukan kebijakan selanjutnya.

Rudal QW-3 yang berbobot 16 kg ini mempunyai panjang 1,5 meter dan merupakan salah satu jenis rudal hanud (pertahanan udara) generasi baru yang menggunakan sistem manpad/ rudal panggul. memiliki kemampuan anti jamming dan tahan thd flare yg diluncurkan oleh pswt sasaran.

Sementara sasaran tembak berupa pesawat target drone adalah pesawat model tipe S-70 berkemampuan terbang radius 30 km dikendalikan oleh ground station berbobot 55 kg, diluncurkan dengan menggunakan daya dorong catapult yang berada pada bagian bawah fuselage dilengkapi juga dengan GPS sehingga setiap manuver pesawat dapat termonitor pada layar komputer pada ground station.

Pen Korpaskhasau

No comments:

Post a Comment

Post a Comment