Saturday, June 12, 2010

Atraksi Beladiri Meriahkan HUT Ke-60 Yonif-1 Marinir


11 Juni 2010, Surabaya, - Atraksi beladiri memeriahkan puncak acara HUT ke-60 Batalyon Infanteri-1 (Yonif-1) Marinir, Jumat.

Dalam sambutannya, Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir Amir Faisol mengatakan Batalyon Infanteri-1 Marinir merupakan satuan pelaksana Brigif-1 Marinir.

"Sebagai satuan pelaksana, Yonif-1 Marinir bertugas membina kemampuan dan menyiapkan kekuatan untuk melaksanakan operasi amfibi, operasi pertahanan, operasi pengamanan pulau-pulau terluar serta tugas-tugas operasi tempur lainnya," katanya.

Dalam usia yang ke-60 tahun, lanjutnya, Yonif-1 Mar telah mampu membina prajuritnya untuk mencapai kemampuan profesi serta melaksanakan tugas-tugas militer selain perang dan tanggung jawab yang diberikan dengan keberhasilan yang telah ditunjukkan.

"Tapi, janganlah berpuas diri dengan keberhasilan yang telah Anda raih, justru teruslah berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan serta berupaya untuk membenahi diri guna dapat menampilkan sosok prajurit yang bermoral, profesional dan dicintai rakyat," katanya.

Menurut Komandan Batalyon Infanteri-1 Marinir Letkol Marinir Suliono, peringatan HUT Yonif-1 Marinir bertema "Dengan semangat Gung-Ho, kita tingkatkan kinerja dan kemampuan untuk menjadi prajurit yang professional."

"Peringatan HUT ke-60 ini sengaja dilaksanakan secara sederhana yaitu olahraga bersama dengan seluruh Prajurit Yonif-1 Marinir beserta keluarganya, sehingga tidak mengurangi makna peringatan, sekaligus sebagai ajang silaturahmi bagi keluarga besar Batalyon Infanteri-1 Marinir," katanya.

Selain itu juga dilaksanakan berbagai pertandingan antarKompi, yaitu Bola Voli putra/putri, Lomba Tari Tradisional, Lomba Pembawa Acara, Futsal, Bulu Tangkis, Renang Estafet, Tarik Tambang, dan Cerdas Cermat.

Dari berbagai lomba tersebut, keluar sebagai Juara Umum yaitu Kompi Markas, sehingga Kompi Markas berhak mendapatkan piala dan Vandel Kompi Jawara.

Selesai penyerahan piala kepada pemenang dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Komandan Batalyon Infanteri-1 Marinir Letkol Mar Suliono dan potongan tumpeng diberikan kepada prajurit tertua di Kompi Markas.

Dalam kesempatan tersebut, prajurit-prajurit Yonif-1 Marinir menyuguhkan kolaborasi beladiri Tae Kwondo, Karate, Pencak silat dan Wushu.

Selain itu juga ditampilkan atraksi memecah balok es dengan tangan dan kepala, mematahkan lempengan besi.

Acara itu dihadiri Komandan Brigif-1 Mar Kolonel Marinir Amir Faisol, Wadan Brigif-1 Marinir Letkol Mar Y. Rudy Sulistyanto, Pasops Brigif-1 Mar Letkol Mar Sugianto, S.Sos, Pasintel Brigif-1 Mar Mayor Marinir Ferdy Erwin, Paspers Brigif-1 Mar Mayor Marinir Hermawan, dan Paslog Brigif-1 Mar Mayor Marinir Ashari.

ANTARA Jatim

No comments:

Post a Comment

Post a Comment