Thursday, June 24, 2010

Marinir Indonesia-AS Gelar Pengobatan Gratis

Seorang dokter dari Marinir Amerika sedang memeriksa gigi pasien saat pengobatan gratis di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Wonorejo, Kecamatan Banyu Putih, Kabupaten Situbondo, Jatim, Rabu (23/6/2010) kemarin. (Foto: Dispen Korps Marinir)

23 Juni 2010, Situbondo -- Korps Marinir Indonesia-Amerika menggelar pengobatan gratis di Puskesmas Pembantu Desa Wonorejo, Kecamatan Banyu Putih, Kabupaten Situbondo, Jatim, Rabu.

Staf Dinas Penerangan (Dispen) Korps Marinir Lettu Marinir Mardiono dalam rilis kepada ANTARA dari Situbondo melaporkan pengobatan gratis itu merupakan bagian dari latihan bersama (latma) Marinir Indonesia-AS di Situbondo sejak 19 hingga 27 Juni 2010.

"Dengan pengobatan itu, anggapan sebagian besar masyarakat bahwa Marinir itu garang dan angker menjadi sirna. Meski tetap terlihat gagah dan penuh wibawa, Marinir Amerika dan Indonesia dengan pakaian seragamnya mampu menyempatkan waktu dan tenaganya untuk membantu masyarakat desa Wonorejo dan sekitarnya," katanya.

Tidak hanya itu, katanya, Marinir dari kedua negara itu juga sempat terlihat memapah seorang nenek yang berjalan sempoyongan saat mendapatkan pelayanan kesehatan yang digelar secara gratis itu.

Dengan nada terbata-bata sembari menahan rasa sakit yang diderita, Ny Kasirah (85) menuturkan kepada prajurit yang memapahnya bahwa dirinya merasa sangat lega ketika mendengar pengumuman dari aparat desa bahwa Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika akan segera datang untuk melaksanakan latihan dan sekaligus menggelar bakti sosial kesehatan.

"Kami sempat mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan pasien yang hanya mampu berbahasa daerah (Madura), sebab saya hanya mampu berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris, sehingga kami memanfaatkan seorang teman sebagai penerjemah bahasa Madura," kata penerjemah yang enggan disebut namanya.

Pada hari ketiga dari bakti sosial yang digelar selama lima hari itu tercatat 600 pasien yang datang dengan mayoritas menderita penyakit asam urat, asma dan gigi, meski ada beberapa pasien hernia, kulit, diare, dan sebagainya.

Kegiatan yang dihelat sejak 19 hingga 26 Juni itu merupakan rangkaian latihan bersama Marinir Indonesia-Amerika dengan nama "Interoperability Field Training Exercise (IIP - FTX) Marine Exercise (Marex) 2010" yang dipimpin Komandan Satuan Tugas Latihan (Satgaslat) Mayor Marinir Nurhidayat.

ANTARA News

No comments:

Post a Comment