Thursday, June 24, 2010

AS Upgrade 4 Pesawat AU Taiwan

Northrop Grumman E-2T Early-Warning AU Taiwan. (Foto: Taiwan Power)

24 Juli 2010 -- Dua pesawat Northrop Grumman E-2T Early-Warning Angkatan Udara Taiwan diangkut ke kota pelabuhan Kaohsiung melalui jalur darat untuk dikirim ke Amerika Serikat guna diupgrade kemampuannya, dilaporkan media Taiwan Rabu (23/6). Pesawat sebelumnya diterbangkan dari pangkalan AU Taiwan di Pintung ke bandara Hsiaokang, Kaohsiung.

Pemerintah Amerika Serikat menyetujui menguprade empat pesawat E-2T menjadi E-2K pada Oktober 2008.

Kontrak upgrade senilai 5,6 milyar dolar Taiwan (175 juta dolar), akan selesai 2012 menurut sumber militer Taiwan. Keempat pesawat mampu bertugas 15 tahun lagi setelah diupgrade.

Pengangkutan dua pesawat pertama menarik perhatian masyarakat sepanjang jalan dari bandara Hsiaokang Kaohsiung menuju pelabuhan. Lebih dari 130 petugas dari polisi pelabuhan Kaoshiung, polisi bandara, polisi pantai, penjaga pantai, polisi militer, unit khusus dan pemadam kebakaran terlibat proses pengangkutan pesawat.

Taiwan telah memiliki dua pesawat E-2K baru. Pesawat versi terbaru ini lebih baik dalam mengirimkan informasi pada pesawat tempur lainnya, termasuk jet tempur F-16, serta mampu dihubungkan dengan sistem rudal pertahanan udara.

Taiwan News/Berita HanKam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment